Menteri prihatin pendidikan di Aceh Tengah - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Menteri prihatin pendidikan di Aceh Tengah

Menteri prihatin pendidikan di Aceh Tengah

Written By Irfan Dani on Saturday, November 24, 2012 | 2:24 PM

 waspadaonline_tm

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh mengatakan persoalan pendidikan di Aceh pada umumnya sama dengan provinsi-provinsi lain. Namun ia mencatat wilayah Aceh Tengah yang terisolir harus diberikan perhatian lebih oleh pemerintah pusat dan daerah.

“Aceh Tengah agak isolated (terisolir), kalau Banda Aceh nya sih sudah relatif baguslah, tetapi kalau di daerah tengah ini kan memang tertutup. Ini yang masih menjadi perhatian di Kementerian (Pendidikan dan Kebudayaan) yaitu akses ke jenjang pendidikan, baik SD, SMP, hingga Perguruan Tinggi,” ujar Menteri Nuh, hari ini.

Artinya, lanjut Nuh, pemerintah pusat dan daerah harus sama-sama mendorong agar anak-anak Aceh mampu bersekolah hingga perguruan tinggi.

“Yang pertama kita membuka berapa kebutuhan, yaitu perguruan Tinggi di Aceh Tengah statusnya akan menjadi Perguruan Tinggi Negeri, supaya mereka tidak harus ke Banda Aceh atau ke luar provinsi tetapi bisa di situ. Itu dari sisi akses."

"Kedua, Aceh ini juga kan menjadi perhatian khusus karena memang dia berstatus otonomi khusus. Di (Aceh) ada dana otsus pendidikan, itu kira-kira hampir Rp1 T setiap tahun.  Jatah 20 persen dari APBN juga dapat, karena itu dana umum yang semuanya kena (dapat),” rinci Nuh.

Masalah lainnya adalah jumlah guru yang masih kurang. Untuk itu Kemendikbud pun mengirim sekitar seribuan guru untuk disebar ke berbagai daerah pelosok; seperti Papua, NTT, dan Aceh lewat program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal atau SM3T.

“Problem di Aceh macam-macam, tapi saya optimis akan masa depan pendidikan di sana. Sangat optimis! Tidak boleh menangani pendidikan tanpa optimisme,” tutur Muhammad Nuh.

Sumber:
http://www.waspada.co.id
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org