Ingin Jadi Guru PNS? Harus Mengajar di Pelosok Dulu - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Ingin Jadi Guru PNS? Harus Mengajar di Pelosok Dulu

Ingin Jadi Guru PNS? Harus Mengajar di Pelosok Dulu

Written By Irfan Dani on Monday, December 16, 2013 | 9:25 PM



Metrotvnews.com, Jakarta: Usai diuji coba selama tiga tahun, sejak 2011 silam, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal membakukan Program Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (PPG-SM3T).

Rencananya program itu bakal mulai diberlakukan pada 2015 dan menjadi salah satu prasyarat bagi para sarjana pendidikan yang berhasrat untuk menjadi guru pegawai negeri sipil (PNS) pada 2016.

“Program PPG-SM3T yang sudah kita rintis selama tiga tahun akan kita bakukan. Pada 2016 nanti kita harapkan guru pemerintah ialah lulusan program tersebut,“ ujar Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Supriadi Rustad, di Jakarta, Sabtu (14/12). 

Jika nanti PPG-SM3T sudah dibakukan, lanjut, Supriadi, semua guru, khususnya yang berminat menjadi PNS, wajib mengikuti program ini.

PPG-SM3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Bangsa (MBMI) yang bertujuan mempercepat pembangunan pendidikan di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal. 

Dengan mengikuti program ini, para sarjana pendidikan yang baru lulus itu ditugaskan di provinsi dan daerah-daerah terpencil yang sudah ditentukan selama 6-12 bulan.

Di samping bertujuan untuk meningkatkan dunia pendidikan di daerah terpencil, target lain dari program ini ialah dapat menghasilkan guru bermental baja yang memiliki wawasan kebangsaan yang luas.

Pasalnya di lokasi tempat mereka mengajar dibenturkan dengan kondisi serbaterbatas. Seperti tidak ada listrik, kalau mengajar harus menyeberangi sungai dan berbagai tantangan lainnya.

Dirinya menambahkan, peminat program ini dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Ini membuktikan bahwa program ini memiliki keunggulan bagi para pendidik.

Tercatat pada 2011 ada sekitar 2.500 peserta yang mendaftar dan lolos untuk mengajar. Kemudian pada 2012 meningkat menjadi 2.700 peserta, dan tahun ini kita menerima 3.000 peserta program. (Syarief Oebadillah).


Sumber: Metronews.com
Share this article :

2 comments:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete
  2. (KISAH SUKSES)Kartini ; Lolos PNS Guru di lingkungan PEMDA Berau)

    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 45 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk TAUCHID DJATIKO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya,
    Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
    2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.TUCHID DJATMIKO SH.M.SI beliau selaku Kepala tim pengadaan CPNS BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk Drs TUCHID DJATMIKO Tlp; 0851-45342299 Siapa tau beliau mau bantu.

    ReplyDelete


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org