Program SM-3T Dipandang hanya Langkah Darurat - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Program SM-3T Dipandang hanya Langkah Darurat

Program SM-3T Dipandang hanya Langkah Darurat

Written By Irfan Dani on Monday, December 16, 2013 | 9:29 PM



Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat pendidikan M Abduh Zen menyatakan program SM3T atau Sarjana Mengajar di daerah 3T yaitu Terdepan, Terluar dan Tertinggal merupakan upaya darurat (crash program) untuk mengisi kelangkaan guru-guru di daerah 3T.

"Pemerintah seharusnya mengatasi persoalan ketidakmerataan guru secara mendasar. SM3T bisa saja dijadikan bagian dari Pendidikan Profesi Guru (PPG) bukan sebaliknya. Karena UU Guru dan Dosen menetapkan untuk menjadi guru harus mempunyai kualifikasi, kompetensi, dan sertifikasi," kata Abduh Zen yang juga dosen Universitas Paramadina Jakarta.

Hemat dia, upaya pengadaan, distribusi, dan mengatasi persoalan pendidikan dan keguruan mestinya sudah terencana secara strategis dan utuh, tidak dengan cara instan seperti SM3T.

Saat ditanya bahwa SM3T yang akan dibakukan sebagai syarat menjadi guru dari pemerintah yang artinya syarat menjadi guru PNS, Abduh Zen berpendapat UU Guru dan Dosen tidak menyebutkan demikian.

"UU itu menyebut PPG jika SM3T itu menjadi syarat, saya pikir itu mengada-ada. Itu akan memperpanjang proses seseorang menjadi guru. sebab itu jika program ini teruji nyata memiliki signifikansi, sebaiknya jadikan bagian dari PPG, misalnya bagian dari pemagangan," kata Abduh yang juga Kabalitbang PB PGRI itu.

Ia mengingatkan program SM3T atau program serupa yang akan dibakukan oleh Kemendikbud atau pihak lain harus dikaji secara serius. "Apa betul hebat program ini seperti sering dibanggakan," tukas Abduh. (Syarief Oebaidillah).

Sumber: Metrotvnews.com
Share this article :

1 comment:

  1. (KISAH SUKSES)Kartini ; Lolos PNS Guru di lingkungan PEMDA Berau)

    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 11 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 45 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk TAUCHID DJATIKO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya,
    Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
    2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.TUCHID DJATMIKO SH.M.SI beliau selaku Kepala tim pengadaan CPNS BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk Drs TUCHID DJATMIKO Tlp; 0851-45342299 Siapa tau beliau mau bantu.

    ReplyDelete


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org