Guru SM-3T Aceh Kumpulkan Buku Untuk Perpustakaan Desa - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » , » Guru SM-3T Aceh Kumpulkan Buku Untuk Perpustakaan Desa

Guru SM-3T Aceh Kumpulkan Buku Untuk Perpustakaan Desa

Written By irfandani06 on Wednesday, June 5, 2013 | 1:57 PM


Banda Aceh – Selama kurang lebih tujuh bulan bertugas di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, guru bantu dari Aceh yang terhimpun dalam program Sarjana Mengajar daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T) LPTK Unsyiah Aceh, telah banyak menemukan warga Kalimantan Barat, khususnya di wilayah pedalaman Kabupaten Sanggau yang masih buta aksara.
Tingkat kemampuan membaca yang masih jauh dari harapan tersebut banyak dipengaruhi oleh kelangkaan buku bacaan dan juga putusnya pendidikan yang diakibatkan oleh persoalan ekonomi sehingga membuat masyarakat di Kabupaten tersebut tidak mengenal huruf.
“Beranjak dari kenyataan diatas, kami berinisiatif membangun sebuah gerakan pemberantasan buta aksara yang kami beri nama ‘One Man One Book, Bantu mereka melihat dunia!’ yang bertujuan untuk menghimbau masyarakat agar menyumbangkan setidaknya satu buku untuk mereka yang membutuhkannya,” ujar Akmal M Roem dalam realeasenya.
Akmal juga menjelaskan, buku-buku baru atau bekas yang terkumpul nantinya akan ditempatkan pada salah satu perpustakaan desa yang dibina oleh guru SM-3T. ”Kami berpikir hal ini merupakan salah satu langkah awal yang baik guna memberantas buta huruf. Perpustakaan desa juga diharapkan mampu menjadi sarana belajar sehingga menjadi contoh agar setiap warga sadar terhadap pentingnya kemampuan membaca. Semoga nantinya banyak lahir perpustakaan-perpustakaan di setiap desa di seluruh penjuru Indonesia,” harap Akmal.
“Kami percaya bahwa dengan satu buku yang disumbang secara ikhlas akan mampu mengubah cara pikir dan pandangan orang terhadap dunia. Dengan satu buku bisa mengubah tatanan kehidupan bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Satu buku bisa membantu mereka membuka jendela dunia,” ujar Akmal.
Akmal juga menjelaskan, pihaknya membuka posko di MESS Guru SMPN 1 Sekayam, Balai Karangan, Kecamatan Sekayam. Selain itu, siswa SMAN 1 Sekayam yang tergabung dalam komunitas teaterKenyawen Art juga ikut membantu menghimpun buku untuk program ini. ”Bagi masyarakat yang ingin membantu, bisa langsung ke tempat kami atau menjumpai guru bantu SM-3T yang tersebar di sekolah di 14 kecamatan di kabupaten Sanggau. Bagi masyarakat di luar kabupaten Sanggau, buku dapat dikirim melalui jasa pengiriman,” terang Akmal.
“Ini program jangka panjang, artinya, setelah guru bantu SM-3T Aceh ini kembali ke daerah asal, perpustakaan ini diharapkan dapat berjalan seperti biasa. Oleh karenanya selain hanya membangun perpustakaan desa, kami juga akan membuat semacam pelatihan dasar untuk memanajemen pemuda-pemudi di desa untuk menjalankan perpustakaan ini,” tambahnya.
Akmal juga berharap agar nantinya program ini bisa dimanfaatkan oleh khalayak karena dengan sebuah kebersamaan akan membuat masyarakat menjadi lebih kuat. “Maju Bersama Mencerdaskan Bangsa’,” pungkaas Akmal. (Sp/Arunda)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org