Suka duka Pipin Sulastri, Guru Aceh di Entikong - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Suka duka Pipin Sulastri, Guru Aceh di Entikong

Suka duka Pipin Sulastri, Guru Aceh di Entikong

Written By Irfan Dani on Friday, March 8, 2013 | 10:12 PM

Pipin Sulastri. @ istimewa

NAMANYA Pipin Sulastri Ismail. Dia adalah perempuan asal Aceh yang mengikuti program Sarjana Mengajar di Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (SM3T) di Provinsi Kalimatan Barat. Tepatnya di SMK 1 Entikong, Kabupaten Sanggau.
Pipin, demikian biasanya dia disapa, merupakan alumni FKIP Bahasa Inggris Universitas Al Muslim, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Sama halnya dengan guru SM3T lainnya, Pipin sudah hampir lima bulan lebih menetap di Entikong.
“Pipin disini tinggalnya di SMP 3 Entikong. Kalau naik angkutan umum sejenis labi-labi di Aceh, harus bayar sekitar dua ribu rupiah,” ujar anak bungsu dari pasangan almarhum Ismail dengan Rukini ini.
Ibunya, Rukini, hanya pekerja swasta biasa. Ketika Pipin harus berangkat tugas ke Kalimantan Barat. Dia (Pipin-red) mengaku sangat berat hati meninggalkan orang tuanya sendiri di Aceh.
“Mamak sekarang di Matang. Kadang-kadang di sini suka kangen juga. Namun karena siswa di SMK 1 Entikong, baik-baik jadi agak terobati. Ini yang membuat saya bentar,” ujar Pipin.
Kendala utama selama dia mengabdi di Entikong, adalah mahalnya kebutuhan pokok. “Di sini, mencari ikan yang segar susah. Kalau ada pun sangat mahal. Kalau ikan sampai Rp45 ribu perkilonya. Kalau di Aceh, mungkin hanya Rp10 ribu,” ujar dia.
Keadaan ini, kata Pipin, karena Entikong merupakan daerah pergunungan. “Telur sampai Rp43 ribu perkepingnya. Jadi kami disini harus bisa hemat-hemat jika harus memasak,” ujar dia lagi.
Keadaan itu, kata dia lagi, sedikit terobat saat melihat anak didiknya yang memiliki kemauan belajar yang tinggi.
“Saya berharap mereka semua jadi orang yang sukses kelak. Ini harapan kami sebagai seorang guru di hari perempuan internasional ini,” ujar dia.
Di luar waktu mengajar, Pipin mengaku lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah, atau SMP 3 Entikong. Di sana ada 6 guru SM3T asal Aceh. “3 mengajar di SMP 3 dan 3 lainnya mengajar di SMK Entikong, termasuk saya. Jadi sudah seperti keluarga,” ujar alumni Al Muslim tahun 2010 yang kini berumur 25 tahun ini.(mrd).

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org