Kenapa Anggaran Kemendikbud Ditahan Kemenkeu? - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Kenapa Anggaran Kemendikbud Ditahan Kemenkeu?

Kenapa Anggaran Kemendikbud Ditahan Kemenkeu?

Written By Irfan Dani on Friday, March 8, 2013 | 2:06 PM

Ilustrasi : Okezone
Ilustrasi 

JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Raihan Iskandar mengaku heran dengan keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menahan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Terutama jika dikatakan program kerja Kemendikbud dinilai tidak jelas.  
"Aneh juga kalau dibilang belum jelas. Padahal dari kami sudah terbuka. Dari DPR sudah selesai semua. Kalau ada hal lain, itu masalah administrasi yang dituntas. Di mana yang belum jelas?" tutur Raihan ketika dihubungi Okezone, Kamis (7/3/2013).
 
Apalagi, kata Raihan, dalam rapat kerja (raker) terakhir antara Kemendikbud dengan Komisi X, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengaku jika tidak ada masalah dengan anggaran yang telah diajukannya.
 
"Raker terakhir, Mendikbud bilang sudah beres. Memang masih ada yang belum selesai, tentang pendidikan tinggi (dikti). Namun, Mendikbud menjanjikan akan selesai akhir Februari. Apalagi DIPA sudah keluar, bagaimana bisa anggaran ditahan?" ungkapnya.
 
Alasan lain Kemenkeu menahan kucuran anggaran Kemendikbud lantaran ada sembilan program kerja yang belum jelas peruntukan karena sering berubah-ubah. Pendapat tersebut diakui oleh Raihan. Dia pun mengkritisi ketetapan anggaran yang diajukan Kemendikbud untuk program kerja mereka, salah satunya adalah mengenai kurikulum 2013.
 
"Catatan terakhir, kami masih membahas kurikulum karena anggarannya terus berubah. Pertama Rp611 miliar, namun setelah selesai penandatanganan pada Januari lalu jadi Rp1,4 triliun. Tapi di Februari berubah lagi jadi Rp2,4 triliun," papar Raihan.
 
Menurut Politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, pergeseran angka tersebut juga membuat anggota Komisi X bertanya-tanya alokasi dari dana tersebut. Namun, lanjutnya, pihak Kemendikbud belum menjelaskan dengan rinci mengenai alasan perubahan angka tersebut.
 
"Itu yang jadi pertanyaan kami. Kok bisa naiknya seperti itu untuk kurikulum? Kenaikan angka yang terlalu besar ada pergeseran direktorat. Kalau di situ berarti ada permasalahan manajemen karena di kami sudah selesai," imbuhnya.
(mrg)

Sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org