Kita Semua Adalah Pahlawan Bagi Indonesia - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » , » Kita Semua Adalah Pahlawan Bagi Indonesia

Kita Semua Adalah Pahlawan Bagi Indonesia

Written By Irfan Dani on Monday, August 19, 2013 | 7:18 PM

Kata “pahlawan” adalah sebuah kata benda. Secara etimologi kata “pahlawan” berasal dari bahasa sanskerta “phala” yang bermakna hasil atau buah. Jadi pahlawan merupakan seseorang yang berpahala yang perbuatannya berhasil bagi kepentingan orang banyak. Perbuatannya memiliki pengaruh tingkah laku orang lain, karena dinilai mulia dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat umum.

Saya adalah seorang pendidik. Sebagai seorang pendidik saya percaya dalam diri Saya mempunyai sifat kepahlawanan yang maknanya tidak jauh berbeda dengan pahlawan pendiri bangsa ini. Hanya massa dan momentumnya yang sedikit berbeda. Melalui pengabdian dan dedikasi nilai-nilai kebaikan dan knawledge berjuang untuk pendidikan Indonesia. Pada saat yang sama, disektor yang lain yang berprofesi sepertin dibidang politik, ekonomi, sosial, kesehatan atau bahkan guru anak-anak luar biasa (yang jarang mendapatkan perhatian), dan saya percaya mereka adalah pahlawan bagi Indonesia.

Saya dan Anda adalah pahlawan bagi Indonesia.

Sudah 68 tahun Indonesia merdeka, pada saat bersamaan masih banyak rakyat Indonesia yang belum merdeka baik dibidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, sosisal dan budaya. Kita bisa melihat di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) kondisi pendidikannya hingga hari ini seperti apa!, kondisi ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya seperti apa!. Indonesia masih terperangkap dalam nasionalisme sempit dan penindasan ghuzlul fikri.

Sikap confident nation of Indonesia adalah menjadi salah satu faktor penghambat makna kemerdekaan yang hakiki. Sebagai contoh dimana-mana sering kita jumpai bangsa Indonesia sendiri lebih suka dengan produk-produk asing dan gaya-gaya barat. Padahal kualitas produk dalam negeri tidak jauh berbeda atau bahkan lebih baik dan budaya-budayanya lebih berkarakter.

Oleh karenanya, jangan remeh terhadap diri sendiri. Jangan pula sepele dengan dampak yang kita bisa perbuat, lewat apa yang sedang kita kerjakan. Cukup banyak orang tidak percaya diri mereka sendiri, membawa mereka tidak pada jalan yang seharusnya mereka tempuh. Sebut saja para pelaku kriminal. Mereka tidak kurang hebat dari kita yang dapat duduk manis di gedung perkantoran. Para PMKS atau Penyandang Masalah kesejahtraan Sosial, yang sering kita cibir karena tingkah laku mereka yang hanya menadahkan tangan, apakah Anda berpikir mereka miskin akan potensi?
Saya pikir tidak!
Masih banyak lagi di indonesia yang keberadaanya mengalami disfunsi. Mereka tidak percaya diri, sepele terhadap apa yang dapat mereka lakukan dengan kebiasaan mereka. Banyak orang tidak menyadari bahwa diri mereka adalah pahlawan bagi indonesia. Apapun profesi kita “Saya, Anda dan apa yang bisa dilakukan, kerjakanlah! Biarkan sejarah akan mencatat semua proses itu. Tuhan yang maha kuasa dan Negera Indonesia menjadi saksinya”.

Sudah cukuplah penghakiman manusia. Cukuplah untuk cibiran. Cukuplah untuk keluh kesah. Pahlawan, pahlawan!
Berdoalah bagi indonesia, untuk tanah yang subur, untuk masyarakat yang makmur, sejahtra, dan sampaikanlah pada dirimu sediri, sampaikan pada orang-orang yang kita temuai. Saya, Anda adalah pahlawan bagi Indonesia. Karena setiap orang adalah pahlawan bagi indonesia.
Salam Merdeka untuk Indonesia SejahtraJ

By, Mansur Amriatul, S.Pd

(Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Semarang)
Share this article :

1 comment:


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org