Rektor: Profesi Guru Makin Diminati - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Rektor: Profesi Guru Makin Diminati

Rektor: Profesi Guru Makin Diminati

Written By Irfan Dani on Friday, May 17, 2013 | 11:58 AM




Unimed Wisuda 1.995 Lulusan

Medan-andalas Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Ibnu Hajar MSi mengatakan, profesi guru semakin diminati dan mendapat tempat terhormat di masyarakat. Ini seiring dengan diluncurkannya program sertifikasi guru.

"Tingginya animo masyarakat menjadi guru dapat dilihat dari semakin banyaknya calon mahasiswa yang mendaftar ke Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) termasuk Unimed," kata rektor dalam pidatonya pada acara wisuda 1995 lulusan Unimed di Gedung Serbaguna Unimed, Rabu (15/5).

Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang hasilnya akan diumumkan 28 Mei mendatang, kata rektor, jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar ke Unimed sebagai PTN pilihan I dan II, mencapai 61.895 orang. Sedangkan pendaftar Bidik Misi mencapai 4.275 orang.

"Para calon mahasiswa tersebut berasal dari 31 provinsi di Indonesia, mulai dari Papua, NTT, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Namun saat ini pendaftar terbanyak masih berasal dari Sumut, Aceh, Riau, Sumbar, dan Jambi," kata Ibnu Hajar.

Dia juga mengatakan, saat ini Unimed sedang menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Berasrama untuk 11 program studi (prodi). Peserta PPG adalah alumni yang telah menyelesaikan pengabdiannya dalam program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) angkatan pertama tahun 2011 yang berjumlah 244 orang.

Tahun depan, tambah rektor, PPG SM-3T Berasrama akan diikuti peserta SM-3T angkatan kedua yang saat ini sedang mengabdi di Kepulauan Nias, Aceh Timur, dan Simeulue.

"Sedangkan program SM-3T angkatan ketiga tahun 2013 sudah memasuki tahap sosialiasi dan sebentar lagi akan dibuka proses pendaftarannya," kata rektor.

Karena itu,  seiring makin terbukanya peluang mengabdikan diri sebagai guru, rektor meminta wisudawan mempersiapkan diri guna memenuhi tuntutan profesi guru.

"Saya berpesan kepada wisudawan agar mempersiapkan diri guna memenuhi tuntutan profesi guru dengan cara memantapkan secara terus menerus empat standar minimal kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional," tandas rektor.

Adapun 1.995 lulusan yang diwisuda selama dua hari (15-16 Mei) itu, terdiri dari 5 lulusan Doktor (S3), 330 Magister (S2), 1.443 Sarjana Pendidikan (SPd) termasuk 23 SPd program Bilingual, 31 Sarjana Sastra (SSs), 78 Sarjana Sains (SSi), 90 Sarjana Ekonomi (SE), dan 18 lulusan Ahli Madya (AMd).

Pembantu Rektor I Unimed Prof Dr Khairil Ansari MPd melaporkan, lulusan yang memperoleh indeks prestasi tertinggi adalah Fajar Okta Widarta dari S2 Biologi dengan IPK 3,96, Bunga Fisikanti Bukit (S1 Fisika) IPK 3,70, Najamuddin (S1 Pendidikan Tataboga) IPK 3,63, Priyo Bayu Wibowo (D3 Teknik Sipil) IPK 3,42, Mei Yulianengsih Kurniati (S1 Pendidikan Jasmani Sekolah) IPK 3,64, Dinda Fadila (Psikologi Pendidikan dan Bimbingan) IPK 3,85, Amalia Novitasari (S1 Pendidikan Bahasa Inggris), IPK 3,73, Ricky Herdiansah Meliala (S1 Sejarah), dan Rizka Nurjannah (S1 Akuntansi) IPK 3,79.

Sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org