Kronologi Polemik Kurikulum 2013 - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Kronologi Polemik Kurikulum 2013

Kronologi Polemik Kurikulum 2013

Written By irfandani06 on Saturday, March 16, 2013 | 8:45 PM

Foto: dok. Okezone
Foto: dok. Okezone


BANDUNG - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh mengakui banyak pihak yang pro dan kontra terhadap rencana pemberlakuan Kurikulum 2013 Juli nanti. Ada yang menuding Kurikulum 2013 tidak memuat delapan standar nasional pendidikan yang di antaranya meliputi sarana prasarana, standar kompetensi, isi/materi, proses, dan evaluasi. 

Padahal, lanjut Mendikbud, Kurikulum ini justru terdiri dari kompetensi, isi/materi, proises, dan evaluasi. "Ada juga yang mengatakan kurikulum ini dibangun tergesa-gesa," katanya, dalam sosialisasi Kurikulum 2013: Kreatif Inovatif Karakter di Aula Dinas Pendidikan Jabar, Jalan Radjiman, Bandung, Sabtu (16/3/2013).

Pada acara yang dihadiri ratusan guru, kepala sekolah, pengawas, dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan itu, M Nuh menuturkan awal terjadinya polemik atau pro kontra kurikulum baru. Sejak 2010, kurikulum baru sudah masuk dalam RPJM pemerintah. Lalu DPR membentuk Panja Kurikulum pada 2011. 

Namun waktu itu pemerintah lebih dulu menyelesaikan RPJM daripada Panja Kurikulum DPR. Maka muncullah polemik. "Ya enggak apa-apa, itu risiko, dinamika," kata Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya ini. 
 
Belakangan muncul penolakan terhadap kurikulum anyar. Terlebih dunia pendidikan di Indonesia dikenal dengan istilah ganti menteri ganti kurikulum. Menurut Nuh, kurikulum 2013 dipersiapkan untuk menjawab perubahan dunia.

"Kalau kurikulum tetap sementara dunia berubah, maka enggak akan menyelesaikan masalah perubahan ini. Kita ikuti perubahan dunia, maka kurikulum yang harus mengantisipasi perubahan-perubahan itu," terangnya.(rfa)

Sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org