Curhat Kemendikbud Soal Kendala Kurikulum 2013 - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Curhat Kemendikbud Soal Kendala Kurikulum 2013

Curhat Kemendikbud Soal Kendala Kurikulum 2013

Written By Irfan Dani on Saturday, March 16, 2013 | 8:54 PM

Ilustrasi: ist.
Ilustrasi: ist.


JAKARTA - Pergantian kurikulum tentu selalu diwarnai dengan kontroversi. Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengaku menemui sejumlah kendala dalam perumusan maupun rencana penerapan kurikulum 2013.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Buku (Pusburbuk) Nanik Suwaryani dalam National Launch of the 2012 Education for All (EFA) Global Monitoring Report (GMR), hari ini. Nanik menyebut, dalam rencana implementasi kurikulum baru, ada banyak tantangan yang harus dihadapi.

Salah satunya, kata Nanik, berkaitan dengan regulasi yang berbenturan dengan kurikulum baru. "Niatnya kurikulum baru akan diterapkan pada 2013, tapi pemerintah masih harus merevisi banyak dokumen," papar Nanik, di Gedung D Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2013).

Kendala selanjutnya, adalah perkara menyiapkan para guru untuk mengimplementasikan kurikulum baru tersebut. "Berbicara tentang Indonesia, berarti harus mengadakan pelatihan untuk 2,7 juta guru agar siap menghadapi kurikulum baru," ungkapnya.

Nanik menyebut, peran pemerintah daerah dan sekolah dalam membuat dokumen yang sesuai standar pun masih menjadi suatu kendala. Mereka tentu harus dipersiapkan untuk mampu menghasilkan dokumen sesuai ketentuan.

Selain itu, evaluasi pencapaian siswa yang tertuang dalam Ujian Nasional (UN) pun menjadi kendalapenerapan kurikulum 2013. Sebab, kata Nanik, kurikulum 2013 tidak ingin guru maupun murid berorientasi belajar hanya untuk ujian.

"Kurikulum 2013 tidak lagi pembelajaran hanya untuk ujian. Maka, untuk menghindari hal tersebut, tengah diusulkan jika UN bukan lagi satu-satunya tolok ukur evaluasi pencapaian siswa," imbuhnya.(rfa)

sumber
Share this article :

1 comment:


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org