Kurikulum 2013 Sekolah Boleh Kembangkan Standar Kompetensi - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Kurikulum 2013 Sekolah Boleh Kembangkan Standar Kompetensi

Kurikulum 2013 Sekolah Boleh Kembangkan Standar Kompetensi

Written By Irfan Dani on Saturday, March 16, 2013 | 8:58 PM

Ilustrasi: Her Campus.
Ilustrasi: Her Campus.


JAKARTA - Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan kurikulum baru. Menjelang penerapan kurikulum 2013, mari kita menilik kembali kurikulum baru tersebut.

Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Buku (Pusburbuk) Nanik Suwaryani menyatakan, standar kurikulum 2013 ditetapkan oleh kementerian berdasarkan usulan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

"Standar kompetensi lulusan dalam kurikulum 2013 memiliki tiga domain, yakni sikap, keterampilan, dan pengetahuan," ujar Nanik, dalam acara National Launch of the 2012 Education for All (EFA) Global Monitoring Report (GMR), di Gedung D Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2013).

Dia menjelaskan, dari standar kompetensi lulusan kemudian diturunkan menjadi kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Namun, lanjut Nanik, sekolah dapat mengembangkan lebih jauh mengenai kompetensi tersebut.

"Itu standar minimal. Sekolah bisa mengembangkan lagi tergantung kebutuhan sekolah dan peserta didik. Apakah mau lebih internasional atau justru mau lebih lokal," urainya.

Dalam kurikulum baru tersebut, lanjut Nanik, juga akan terjadi perubahan jam belajar. Dia mengungkapkan, hal tersebut dilakukan dengan mengacu terhadap beberapa negara maju yang jumlah jam belajarnya lebih banyak.

Kemudian, kata Nanik, dengan mengacu pada kegagalan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), maka pada kurikulum baru silabus akan disusun oleh pemerintah pusat. 

"Silabus dikembangkan pemerintah pusat karena setelah beberapa tahun KTSP berjalan masih banyak sekolah yang kesulitan mengembangkan silabus," jelasnya.(rfa)

sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org