Tujuan Mulia Uji Kompetensi Guru Online - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Tujuan Mulia Uji Kompetensi Guru Online

Tujuan Mulia Uji Kompetensi Guru Online

Written By Irfan Dani on Wednesday, August 1, 2012 | 3:09 PM



13437534401859664720
Sumber: http://www.antaranews.com/foto/33153/uji-kompetensi-guru
Ini era globalisasi, jamannya internet. Kita bisa berinteraksi dengan internet tanpa batas ruang dan waktu. Hmmm… betapa mudahnya kalau ada koneksi internet dimana-mana. Kemudahan itulah yang mungkin membuat Kementrian pendidikan nasional (Kemendiknas) tahun ini membuat program uji kompetensi guru yang sudah tersertifikasi dengan sistem online. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa kompetenkah guru yang sudah tersertifikasi. Sungguh “mulia” ya tujuannya. Dengan adanya uji kompetensi sistem online, tentu para guru yang sudah tersertifikasi akan dimudahkan, tak perlu datang jauh-jauh ke suatu tempat untuk mengikuti ujian.
Itu mimpi. Kenyataannya uji kompetensi secara online justru membuat guru takut karena tak semua guru mahir menggunakan internet. Ada dua faktor penyebab mengapa beberapa guru tak mahir menggunakan internet. Pertama, guru tersebut memang malas untuk belajar internet. Kedua, guru tersebut adalah guru rajin dan mau belajar tetapi mengajar di daerah pelosok yang tidak terjangkau internet, jadi bagaimana bisa belajar internet, wong ndak pernah ada internet di lingkungannya.
Kalau melihat faktor kedua, betapa nelangsanya guru. Mereka terpaksa mengikuti ujian online meski gagap menggunakan internet. Apakah pemerintah sudah memerhatikan hal tersebut?
Uji kompetensi secara online ini memang membuat sejumlah guru cemas. Seperti yang dikuti dari jpnn.com, salah seorang guru SMP di Palembang yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan, dirinya bingung mengikuti ujian kompetensi tersebut karena tidak bisa menggunakan sistem online. Pasalnya, dia tidak mengerti menggunakan internet. “Saya bingung ujiannya seperti apa. Apalagi uji kompetensinya menggunakan sistem online,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, informasi mengenai uji kompetensi diberikan oleh Disdikpora memang sudah beberapa minggu lalu. Namun untuk kejelasan jadwal ujian baru diberitahu beberapa hari terakhir. “Saya baru tahu uji kompetensi dilaksanakan pada Senin ini (red, hari ini). Kita juga tidak tahu materi apa saja yang akan diujikan. Jadi saya benar-benar was-was mengikuti ujian ini,” katanya.
Lebih lanjut, dia mengatakan, berdasarkan informasi yang beredar menyatakan kalau uji kompetensi ini tidak perlu diikuti, karena ini hanya proyek dari Kemendiknas. Sehingga tidak ada manfaat bagi para peserta. “Tapi karena sudah terlanjut mendaftar, ya saya harus ikut ujian,” ucapnya.
Itu baru satu orang yang bingung saat mengikuti uji kompetensi online. Di Semarang, sejumlah guru harus kecewa karena internet tidak terkoneksi dengan baik. Seperti yang terjadi di SMA Negeri 3 Semarang. Para guru yang mengikuti uji kompetensi online mengaku kesulitan melakukan proses login lantaran komputer yang digunakan tak dapat terkoneksi dengan server pusat.
“Saya kebagian ujian gelombang pertama pukul 07.00-10.00 WIB. Namun, karena tidak bisa login akhirnya ditunda. Saya manut saja, bagaimana lagi,” demikian pernyataan Endang Susilowati, salah satu peserta UKG di SMA Negeri 3 Semarang yang dikutip dari antaranews.com.
Seharusnya pemerintah lebih matang dalam menyusun program uji kompetensi ini, khususnya secara online. Sehingga para guru tak merasa cemas, bingung, dan kecewa saat mengikuti ujian ini. Jangan sampai mengundang kesan negatif bahwa uji kompetensi ini hanya proyek akal-akalan, untuk meraup keuntungan. @TamiPudya

Sumber:
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org