Uji kompetensi melanggar hak asasi guru - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Uji kompetensi melanggar hak asasi guru

Uji kompetensi melanggar hak asasi guru

Written By Irfan Dani on Wednesday, August 1, 2012 | 3:06 PM


Uji kompetensi melanggar hak asasi guru thumbnail


Ilustrasi (Ujian Konpetensi Guru)

Lembaga pengaduan Ombudsman meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghentikan pelaksanaan Uji Kompetensi Awal bagi para guru.
Wakil Ketua Ombudsman Azlaini Agus menilai kebijakan itu dianggap bertentangan dengan Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2008 tentang Profesi Guru. Pelaksanaan Uji Kompetensi Awal juga dianggap melanggar hak asasi guru.
“Kebijakan yang bertentangan dengan ketentuan yang lebih tinggi, itu kan jelas batal demi hukum kalau kita katakan. Itu dari sisi yuridis. Sedangkan dari sisi penerapannya, UKA itu menjadi persyaratan untuk mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru),” katanya seperti dilansir kbr68h.com.
Azlaini mengatakan, “ Jadi kalau dia tidak lulus UKA dia tidak bisa ikut PLPG. Nah itu kan berarti memperkecil kesempatan guru, bahkan itu bisa dibilang melanggar hak asasi guru untuk dapat mengikuti proses sertifikasi. Jadi itu jelas pelanggaran luar biasa yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.”
Azlaini menambahkan proses Uji Kompetensi Awal tidak tercantum dalam peraturan pemerintah tersebut. Dalam aturan tersebut, proses sertifikasi guru dilakukan dengan cara portofolio.
Sebelumnya, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menilai pemerintah belum melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG).
Menurut Ketua PGRI Sulistyo, ketidaksiapan terlihat dari carut marutnya proses UKG yang dilaksanakan serentak, belum lama ini.
Sulistyo mengklaim telah menerima pengaduan dari beberapa daerah terkait gangguan koneksi internet yang menghambat jalannya UKG.


UCAN Philippines Catholic Church News
Sumber:
http://indonesia.ucanews.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org