Simulasi Uji Kompetensi Guru - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Simulasi Uji Kompetensi Guru

Simulasi Uji Kompetensi Guru

Written By Irfan Dani on Wednesday, August 1, 2012 | 3:22 PM

Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilaksanakan beberapa hari ini memang banyak mengudang penolakan. Hal ini menjadi beralasan karena masih banyak guru terutama guru yang berada di daerah-daerah pedalaman yang belum fasih menggunakan komputer. Padahal tujuan UKG ini sebenarnya baik, salah satunya adalah untuk Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Tetapi dalam pelaksanaannya ternyata pemerintah terkesan tidak siap karena terdapat disejumlah daerah pelaksanaan uji kompetensi guru  ini mengalami kegagalan, karena server pusat tidak dapat diakses ditempat seperti yang terjadi di Kudus Jawa Tengah dan Bandung. Anggaran yang digunakan tentu tidak sedikit sangat disayangkan dengan anggaran yang sedemikian besar bisa gagal pada hari pertama pelaksanaannya. Seharusnya pemerintah tidak terburu-buru dan mempersiapkan sistem dengan baik sehingga UKG dapat berjalan dengan lancar.
Terlepas dari Pro dan Kontra UKG sebagai guru yang profesional tentunya kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi UKG tersebut. Salah satu contohnya adalah dengan banyak mengerjakan soal-soal terutama soal-soal yang dibuat secara online. Agar guru-guru yang masih belum terbiasa menggunakan mouse menjadi lebih terbiasa menggunakannya. Untuk itu tidak ada salahnya kita untuk mencoba salah satu Flash Simulasi UKG Online yang akan saya berikan ini. Semoga dapat membantu Bapak dan Ibu yang belum fasih menggunakan komputer. Silahkan Klik >>> Flash Simulasi UKG Online maka Bapak/ibu akan dibawa kehalaman dimana Bapak/Ibu akan bisa memulai untuk latihan soal-soal UKG secara online.
Perhatikan Gambar-gambar dibawah ini.
1343724840414401514
Tunggu Sampai Proses Loading Selesai
Setelah proses Loading… selesai maka muncul seperti di bawah ini Bapak/ibu akan mendapatkan halaman petunjuk pengisian soal. Baca baik-baik petunjuk tersebut dan setelah paham silahkan klik START.
1343725095128996289
Silahkan Klik Start untuk mulai mengerjakan soal
Kemudian Bapak/ibu akan dibawa kehalaman soal, silahkan jawaban dengan mengklik jawaban yang diyakini benar kemudian klik  Submit di pojok kanan bawah.
1343725972853113403
Pilih jawaban yang diyakini benar kemudian klik submit untuk mengunci jawaban
Jika jawaban yang dipilih benar maka akan langsung muncul jawaban lengkap dengan landasan teorinya seperti dibawah ini. dan jika salah akan muncul keterangan kalau jawaban salah tetapi tidak menampilkan landasan teorinya.
13437256381539498831
Jawaban yang benar akan menampilkan landasan teori, sedangkan yang salah tidak
Setelah selesai mengejakan semua soal Bapak/ibu dapat langsung mengetahui apakah bapak/ibu lulus atau tidak dengan begitu bapak/ibu dapat mengukur kemampuan sendiri secara mandiri.
13437264841802808717
Hasilnya dapat langsung diketahui, lulus atau tidak
Tentunya simulasi ini bukanlah yang sebenarnya, Tujuannya hanya untuk membuat Bapak/Ibu lebih terbiasa dalam menggunakan komputer dan mouse dan agar lebih percaya diri dalam UKG yang sebenarnya. Demikianlah penjelasan dari saya, semoga dapat bermanfaat guna menambah pengalaman Bapak/Ibu untuk menghadapi UKG dan dapat lulus dengan baik. Tidak ada maksud ingin mengajari tetapi hanya ingin berbagi. Terimakasih.

Sumber:
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org