SM-3T Angkatan II Memperluas Keterjangkauan - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » SM-3T Angkatan II Memperluas Keterjangkauan

SM-3T Angkatan II Memperluas Keterjangkauan

Written By irfandani06 on Wednesday, August 1, 2012 | 2:31 PM

Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T) pada angkatan kedua akan memperluas daerah jangkauannya. Setelah pada angkatan sebelumnya program ini menjangkau empat provinsi, pada angkatan kedua jumlah daerah sasaran bertambah menjadi delapan provinsi yang terkatagori 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). Penjelasan  ini disampaikan oleh Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi , Supriadi Rustad dihadapan tidak kurang dari 80 Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang menghadiri Rapat Koordinasi Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, di Jakarta, Senin (30/7). Tampak juga hadir pada acara tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad,  Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Suyanto, Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kemenkokesra Agus Hartono serta para pimpinan perguruan tinggi penyelenggara program SM-3T
Selain memperluas keterjangkauan, menurut Supriadi pada SM-3T angkatan ke-dua ini jumlah peserta akan bertambah, “ Tahun lalu kita kita terjunkan 2.479 pserta dan dengan permintaan daerah yang sedemikan tinggi, terutama masuknya daerah-daerah sasaran baru, maka pada tahun ini kuota peserta kita tambah menjadi 2.950. Tidak menutup kemungkinan angka ini akan terus bertambah lagi” sahut Supriadi.
Selain jumlah peserta dan bertambahnya daerah sasaran, Program SM-3T angkatan ke-dua ini  pun akan melibatkan 17 LPTK penyelenggara, jumlah ini berkembang dari tahun sebelumnya yang berjumlah 12 LPTK. “ Pada tahun pertama dahulu memang kita sangat hati-hati dalam memilih LPTK penyelenggara karena masih bersifat piloting, tetapi pada tahun kedua ini kita tambah menjadi 17 LPTK penyelenggara untuk mewadahi peminat-peminat terutama yang dari daerah” ujar Supriadi.
Ke-dua belas LPTK penyelenggara pada angkatan pertama adalah Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Pendidikan Ganesha. Sedangkan untuk lima tambahan LPTK penyelenggara tahun ini adalah, Universitas Riau, Universitas Tanjung Pura, Universitas Negeri Cendana, Universitas Mulawarman dan Universitas Syah Kuala.
Tes penseleksian peserta pun berubah, yang dahulu diampu oleh masing-masing LPTK penyelenggara kini tes seleksi bersifat nasional dan on line. Tes ini pun tidak memungut biaya, seluruh pembiayaan untuk kegiatan seleksi ini disediakan atau disiapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Mengamati perkembangannya di lapangan, peserta SM-3T ternyata tidak hanya melakukan proses pembelajaran, tetapi juga seringkali dilibatkan oleh kepala sekolah dan kepala dinas pada berbagai upaya pemecahan masalah pendidikan di daerah sasaran “ Ternyata peserta SM-3T yang diterjunkan dalam jumlah yang massive ini bisa mengubah budaya sekolah dan kepala sekolah, jadi peserta SM-3T seringkali dijadikan referensi bagi kepala sekolah maupun kepala dinas dalam membenahi pendidikan. Ini adalah gambaran yang bagus” jelas Supriadi sembari menambahkan bahwa dalam masa prakondisi para peserta akan dibekali dengan pembelajaran manajemen sekolah yang komprehensif dikarenakan persoalan pendidikan di daerah sasaran yang begitu kompleks.
Mengenai penempatan peserta Supriadi mengutarakan bahwa, para peserta yang lolos seleksi tidak akan ditempatkan di daerah asal, melainkan akan di sebar ke berbagai daerah menurut kebutuhan daerah sasaran “ hal ini supaya para peserta mengerti betul kondisi pendidikan di Indonesia dan bagaimana cara mengaturnya”.


sumber:
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org