Daerah Peserta SM-3T Harus Bebas Narkoba - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Daerah Peserta SM-3T Harus Bebas Narkoba

Daerah Peserta SM-3T Harus Bebas Narkoba

Written By Irfan Dani on Friday, July 6, 2012 | 5:32 PM

 
BioShared ; Dinilai berhasil mencetak guru profesional, Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan (Kemdikbud) pada tahun 2012 kembali meluncurkan program Sarjana Mendidik di  Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T). Persyaratannya antara lain bebas narkoba dan  bersedia tidak menikah selama bertugas.

“Kemdikbud kembali mempercayakan 16 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)  merekrut, membekali, menerjunkan peserta SM3T. Unimed salah satu LPTK penyelenggara,” kata  Pembantu Rektor 1 (PR1) Unimed Prof Khairil Ansari didampingi stafnya Sanusi, Kabag Humas  Unimed Tappil Rambe, Senin (2/7).

Menurut Prof Khairil, selain menerjunkan peserta SM3T, mereka juga diberikan kewenangan  menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) setelah peserta mengabdi selama satu tahun di  daerah tugas.

Kata dia, pendaftaran mulai dibuka secara online pada  8 Juli hingga 21 Juli 2012 melalui  http://sm3t.dikti.go.id .”SM3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan  Indonesia yang diprakarsai oleh Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal  PendidikanTinggi Kemdikbud,” sebutnya.

Dalam program tersebut, para sarjana pendidikan direkrut, dipersiapkan, dan diterjunkan di  wilayah pengabdian. Di tempat itu, selain mengajar, mereka juga mengikuti  kegiatan  kemasyarakatan.

Tahun ini, lanjutnya, wilayah pengabdian meliputi sejumlah kabupaten di Provinsi Aceh, Kepulauan  Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan  Papua. “Selama mengabdi, setiap bulan mereka mendapatkan uang biaya hidup dan asuransi  kesehatan. Setelah setahun mengabdi, mereka akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)  dengan beasiswa penuh dari pemerintah,” tuturnya.

Berbeda dari tahun lalu. Tahun ini, menurut Prof Khairil, pendaftaran dilakukan secara online di  laman http://sm3t.dikti.go.id.  Pada saat pendaftaran nanti, peserta cukup mengisi formulir yang  disediakan serta mengunggah file ijazah dan pasfoto ukuran 4x6 cm.

Kemudian dilakukan seleksi administrasi pada 2325 Juli. Pengumuman hasil seleksi administrasi dan  pengumuman jadwal tes online 2627 Juli. Lalu tes secara online 14 Agustus 2012 dan  pengumumannya tanggal 10 Agustus. Selanjutnya wawancara 36 September  dan pengumuman  hasil seleksi keseluruhan 15 September 2012.

Sedangkan persayaratan yakni, Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk  (KTP) yang masih berlaku, berusia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012,  lulusan program  studi kependidikan S1 empat tahun terakhir (2009, 2010, 2011, 2012) dari program studi  terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki izin operasional) yang sesuai dengan mata  pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah  disahkan, IPK minimal 3.0 dibuktikan dengan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan,  berbadan  sehat dibuktikan dengan surat keterangan dokter, bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif  (napza) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari pejabat yang  berwenang, yang disertai dengan hasil tes urine.

Kemudian berkelakuan baik, belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program  SM3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai, dan mampu menyesuaikan  diri dengan kondisi masyarakat di daerah sasaran. (Bukti persyaratan nomor 1 s.d. nomor 9) dibawa  pada saat tes wawancara. (waspadamedan.com)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org