CAT CPNS 2013: Sistem Bermasalah, Konsentrasi Peserta Terganggu - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » , » CAT CPNS 2013: Sistem Bermasalah, Konsentrasi Peserta Terganggu

CAT CPNS 2013: Sistem Bermasalah, Konsentrasi Peserta Terganggu

Written By irfandani06 on Thursday, October 24, 2013 | 5:30 AM

CPNS
UJIAN CAT PEMROV SUMBAR

Padang, Hari kedua pe­laksanaan seleksi Calon Pe­gawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 di lingkungan Pemprov Sum­­bar, masih diwarnai se­jum­­lah insiden. Selain ope­rasi kom­puter (loading)komputer lam­bat, peserta juga terganggu kom­puter yang tiba-tiba hang dan layar menghitam. Mujur­nya hanya sebagian ke­cil peserta menga­la­mi persoalan terse­but.

Taufik, 23, se­orang peserta CPNS me­ngatakan, sistem error hanya terjadi beberapa me­nit saja. Meski sebentar, ta­pi kesalahan itu sempat mem­bu­yarkan konsentrasi peserta. “Ada sekitar sepuluh orang tadi yang terganggu,” ungkap Tau­fik yang ujian pada shift 3, di Laboratorium Universitas Putra Indonesia (UPI) Lubuk­be­galung, Padang, ke­marin (22/10).

Dia me­nyon­toh­kan saat peserta baru se­lesai mengerjakan 50 persen dari total 100 soal, tiba-tiba mo­nitor mengabur. Untung­nya, kata Taufik, kondisi itu ti­dak berlangsung lama. Peser­ta tiba-tiba mengangkat ta­ngan dan teknisi langsung mengantisipasi.

”Teman di samping, kalau sa­ya Alhamdulillah lancar,” se­but alumni Unand tahun 2011 itu.

Selain itu, sejumlah peserta masih mengeluhkan login dan loa­ding komputer lambat. Paling tidak ada tiga peserta menga­lami persoalan ini. Dari ketiga pe­serta, satu di antaranya ter­paksa dipin­dah­kan ke komputer ca­­dangan. Gusravarnita me­mi­lih formasi ba­hasa Indonesia me­n­gatakan, ke­salahan terjadi pa­da tiga peser­ta. Meski terjadi kesalahan koneksi, pe­serta tidak akan dirugikan. Pa­salnya saat komputer itu mati, waktu yang diberikan juga tidak berjalan. Wak­tu akan berlanjut saat peser­ta kembali login. “Pali­ngan ter­ganggu konsentransi saja,” pa­parnya saat ditemui di lan­tai 3 Gedung F UPI Padang.

Keluhan lain dirasakan pe­ser­ta terkait jumlah soal yang di­nilainya tidak seimbang de­ngan waktu yang diberikan. Apalagi, soal-soal umum mayoritas me­ma­­kai narasi panjang dan butuh wak­tu memahaminya. Untuk sa­tu pe­serta berjumlah 100 soal de­ngan waktu 90 menit. Dalam arti kata, satu soal harus diker­jakan dalam waktu kurang dari satu menit.

”Soalnya seratus, panjang-pan­jang lagi. Kita butuh waktu un­tuk membaca, memahami se­men­tara wak­tunya sebentar. Cu­ma 90 me­nit. Berarti satu soal ti­dak sam­pai satu menit kan?” ke­luh te­naga honorer di Paya­kum­buh itu.

Kepala Bidang Pengawasan BPKP Sumbar Uud Arianto Wah­yu menyebutkan, tidak me­ne­mukan kesalahan aplikasi baik di shift pertama maupun ke­­dua. Sebab, aplikasi yang baru su­­dah di­kirim pasca erorrnya  apli­kasi di hari pertama pelak­sanaan ujian. “Baik season (shift, red) satu atau dua tidak ada. Dengan di­gantinya aplikasi tadi malam, semua berjalan lancar,” ujarnya saat ujian shift tiga berlangsung.

Soal sistem error, Uud men­ja­min tidak akan berpengaruh pa­da hasil ujian. Apalagi, setelah sis­tem itu diperbaiki. Hematnya, ma­nakala peserta tidak me­ngi­nginkan ujian susulan, berarti pe­serta tidak merasa terganggu. “Se­cara sistem aplikasi tidak akan berpengaruh,” tegasnya.

Sementara itu, peserta ujian CPNS belum hadir 100 persen. Sa­ma halnya hari pertama, ter­da­pat beberapa peserta ujian ti­dak hadir di hari kedua. Jika hari pertama hanya satu shift yang ge­nap 100 persen, kemarin hing­ga shift ketiga belum semua pe­serta hadir 100 persen. Dari hasil ujian terpampang di papan pe­ngu­muman, peserta yang hadir ber­kisar antara 96 dan 97 orang.

Nomor Ujian Belum Sampai

Di sisi lain, pelamar CPNS Pem­kab Solok Selatan (Solsel) kian deg-degan. Pasalnya, sam­pai kemarin (22/10) pelamar be­lum juga mendapatkan am­plop ba­lasan berisi nomor ujian pe­ser­ta tes CPNS. “Sampai se­ka­rang, saya belum juga mene­rima nomor ujian. Padahal, wak­tu ujian makin dekat juga,” kata salah seorang pelamar bernama Yuli, 30.

Kepala BKD Solsel Yulian Efi me­nyebutkan serah terima no­mor ujian yang dikemas dalam am­plop balasan pelamar sudah di­lakukan dengan pihak PT Pos In­donesia di Solok. “Serah teri­ma dengan pihak PT Pos  sudah kita lakukan Senin (21/10) lalu. Tek­nisnya, ya dari pihak PT Pos. Mung­kin mereka masih mela­ku­kanentry data terlebih dahu­lu,” kata Yulian Efi, Selasa (22/10).

Pantauan Padang Ekspres di kantor PT Pos Muaralabuh ke­marin (22/10), aktivitas di kan­tor PT Pos terlihat relatif le­ngang. Saat ditanya soal distri­bu­si nomor ujian CPNS ke salah se­orang pegawai PT Pos, lelaki itu mengatakan amplop balasan CPNS baru siap serah terima di k­an­tor PT Pos Solok. “Mungkin se­kitar hari Kamis mulai diba­gi­kan,” kata petugas menge­na­kan se­r­agam orange, tanpa me­nge­tahui  identitas penanya. ”Kita minta diusahakan bagaimana supaya lima hari sebelum tes nomor ujian sudah dikirim,” katanya.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org