Pendidikan Profesi Guru Pasca SM-3T Semester Pertama Berakhir - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Pendidikan Profesi Guru Pasca SM-3T Semester Pertama Berakhir

Pendidikan Profesi Guru Pasca SM-3T Semester Pertama Berakhir

Written By Irfan Dani on Tuesday, July 9, 2013 | 11:59 AM


Laporan NAYUDIN HANIF, S.Pd
(Peserta PPG SM-3T Jurusan pendidikan kimia UPI)

PERKULIAHAN peserta PPG pasca SM-3T Jurusan Pendidikan Kimia UPI satu semester yang dulu dimulai pada hari Senin, tanggal 4 Maret 2013 di Gedung FP MIPA B kini berakhir pada bulan Juni 2013 pekan keempat. Kegiatan kuliah tersebut diikuti oleh peserta SM-3T angkatan I tahun 2011 sebanyak 16 orang. Rangkaian program Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (PPG SM-3T) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah selama satu semester diakhiri dengan beberapa kegiatan di antaranya mengikuti kegiatan pembekalan guru yang tergabung dalam MGMP kimia se-Kota Bandung menyambut kurikulum 2013, uji kompetensi akademik tingkat lokal, dan seminar proposal PTK

.2

Kegiatan MGMP kimia se-Kota Bandung bekerjasama dengan jurusan pendidikan kimia FPMIPA UPI diselenggarakan pada hari Kamis, 27 Juni 2013 dalam rangka menyambut kurikulum 2013 yang akan segera diimplementasikan di sekolah pada tahun ajaran 2013/2014. Dalam kegiatan tersebut, guru kimia dikenalkan pola pembelajaran siklus belajar 5M yang telah di susun oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Siklus belajar 5M tersebut di antaranya adalah Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Mengasosiasikan, dan Mengkomunikasikan. Untuk membelajarkan pola siklus belajar 5M kepada guru kimia, dosen jurusan pendidikan kimia melakukan kegiatan eksperimen dan demonstrasi yang bertempat di Laboratorium Kimia Dasar (LKD) lantai 4 dan Laboratorium Kimia Fisika (LKF) lantai 5 FP MIPA UPI. Peserta PPG pasca SM-3T angkatan 1, turut pula hadir acara tersebut.
Seusai kegiatan pelatihan guru kimia se-Kota Bandung, sekita pukul 13.00 wib, peserta PPG pasca SM-3T melaksanakan uji kompetensi akademik yang diselenggarakan oleh jurusan pendidikan kimia. Sebanyak 75 soal pilihan ganda tentang materi kimia dan pembelajaran kimia dikerjakan dalam waktu lebih kurang 100 menit. Pelasanaan ujian tersebut bertempat di gedung FP MIPA B lantai 2 ruangan 205.

3 

Hari Jumat, tanggal 29 Juni 2013 merupakan kegiatan perkuliahan terakhir peserta PPG pasca SM-3T selama satu semester. Kegiatan perkuliahan terakhir ini diisi dengan seminar usulan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan diakhirinya kegiatan perkuliahan pada semester ini, kegiatan pendalaman materi dan workshop ssp berakhir dan akan dilanjutkan dengan kegiatan PPL pada semester berikutnya.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org