Membangun Karakter Bangsa melalui Pramuka - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » , » Membangun Karakter Bangsa melalui Pramuka

Membangun Karakter Bangsa melalui Pramuka

Written By Irfan Dani on Monday, June 17, 2013 | 1:19 PM

            
Pembentukan kelompok di rombel 4 (jurusan Kimia dan PGSD) lantai 2 FIK 
“Saya tidak tidur tadi malam, karena di depan rumah saya baralek gadang. Dentuman musik orgen yang sangat keras, mengganggu istirahat dan juga ibadah penduduk se-lingkungan rumah pesta. Bagaimana sekiranya ada salah satu tetangga yang menderita sakit jantung?” ungkap Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram dalam sambutannya pada upacara pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) untuk mahasiswa PPG SM-3T UNP di Lapangan FIK UNP, Minggu (16/6). Dalam upacara pagi itu, Yanuar Kiram mengungkapkan kecemasannya pada karakter masyarakat Minangkabau sekarang ini yang sudah jauh dari Adat Basandi SyarakSyarak Basandi Kitabullah. “Pada kamulah, calon Bapak Ibu Guru professional, kami pikulkan beban ini,” ungkapnya lagi.
            Memang, pada kurikulum 2013 nanti, Pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di setiap sekolah. Pramuka diharapkan mampu membentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur peserta didik melalui kegiatan-kegiatan kepramukaan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis dilakukan di alam terbuka. “Untuk itu, calon guru professional juga disiapkan untuk memiliki keterampilan kepramukaan sehingga mampu menjadi pembina pramuka di sekolah nantinya. Salah satunya adalah dengan mengikuti KMD ini.” ujar pimpinan Kwarcab Kota Padang. 
Pemberian materi tentang kepramukaan, UU, AD ART Gerakan Pramuka oleh Drs. M. Zainal Koto di Rombel 4 lantai 2 FIK
Pemberian materi tentang prinsip dasar dan metode kepramukaan oleh Drs. May Endri Putra di Rombel 4 lantai 2 FIK
            Kursus ini dilaksanakan selama enam hari yaitu pada tanggal 16, 21, 22, 27, 28 dan 29 Juni. Di hari pertama, rangkaian acaranya adalah penyajian materi tentang Kepramukaan, AD&ART, sejarah dan pendidikan, prinsip dasar dan metode kepramukaan serta kode kehormatan, kiasan dasar dan moto oleh Pinsus dan Pelatih dari Kwarcab Kota Padang. 
Peregangan di sela pergantian materi, rombel 4
            Di sela-sela penyajian materi, pelatih juga mengajarkan beberapa lagu, tepuk dan permainan yang bisa diajarkan kepada siswa nanti. Kursus hari pertama berjalan dengan sukses. Dalam pelaksanaannya, peserta tampak antusias dan menikmati materi yang diberikan oleh pemateri. Santi Sy



Ditulis Oleh: 
Santi Syafiana
Peserta PPG SM-3T 
Jurusan KIMIA UNP
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org