UGM Buka Jalur Khusus untuk Pelajar Miskin & Daerah 3T - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » UGM Buka Jalur Khusus untuk Pelajar Miskin & Daerah 3T

UGM Buka Jalur Khusus untuk Pelajar Miskin & Daerah 3T

Written By irfandani06 on Tuesday, May 21, 2013 | 9:59 AM

Foto : UGM


JAKARTA - Kesempatan bagi para pelajar dengan kondisi ekonomi sulit serta mereka yang berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) untuk mendapatkan pendidikan harus terus diperluas. Terutama untuk jenjang pendidikan tinggi.

Selain menyediakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyediakan jalur penerimaan khusus bagi para pelajar 3T maupun mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu. 

Direktur Akademik UGM Sri Peni Wastutiningsih menyebut, seleksi mandiri UGM program Sarjana pada tahun ini dibagi menjadi dua jalur, yaitu Penelusuran Bibit Unggul (PBU) dan Ujian Tulis (Utul).

Jalur PBU, lanjutnya, meliputi PBU Tidak Mampu, PBU Berprestasi, PBU Olahraga dan Seni, serta PBU Kemitraan (PBUK). "Jalur PBU ini didedikasikan oleh UGM kepada masyarakat tidak mampu dan daerah 3T serta calon mahasiswa berprestasi namun tidak dapat terjaring di SNMPTN dan SBMPTN," ungkap Peni, seperti dikutip dari laman UGM, Senin (20/5/2013).

Dia menjelaskan, berbeda dengan SNMPTN yang hanya diperuntukan bagi lulusan 2013, seleksi jalur mandiri dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK/MAK dan pendidikan setingkat SMA yang lulus pada 2011 hingga 2013 dapat mengikuti jalur seleksi tersebut.

“Pendaftaran PBUTM, PBUB, dan PBOS mulai 20 Mei 2013 sampai 20 Juni 2013. Sedangkan PBUK dari 20 hingga 31 Mei 2013. Untuk hasil seleksinya akan diumumkan pada 31 Juli 2013,” katanya.
(mrg) 


Sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org