Kehadiran Guru SM-3T, Penyemangat Belajar Anak Pedalaman - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Kehadiran Guru SM-3T, Penyemangat Belajar Anak Pedalaman

Kehadiran Guru SM-3T, Penyemangat Belajar Anak Pedalaman

Written By Irfan Dani on Wednesday, May 15, 2013 | 1:09 PM

ilustrasi


ACEH TIMUR | SUMUT24
Kehadiran Guru tenaga Sarjana Mendidik Daerah Terdepan Teluar dan Tertinggal (SM3T) yang ditempatkan di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Timur, ternyata menjadi penyemangat belajar bagi anak-anak pedalaman dearah ini.
Semangat anak didik itu terlihat ketika tim Monev dari Universitas Negeri Medan (Unimed) yang dipimpin Purek I Khairl Ansyari saat melakukan tatap muka dengan para siswa SMAN-2 Banda Alam dan SMPN-2 Darul Ikhsan, Aceh Timur. Pada kesempatan itu para anak didik mengemukakan akan kehilangan jika tenaga SM3T disekolah mereka pada Desember 2013 mendatang harus meninggalkannya.
Selama bertugas, para guru SM3T banyak memberikan motovasi bagi siswa didikannya, sehingga keakraban merekapun seperti sebuah keluarga dalam membangun semangat belajar baik di sekolah maupun di luar jam belajar.
Wirda Ulfa Matondang, salah seorang guru SM3T di SMAN-2 Banda Alam dihadapan Purek I Unimed dan perwakilan Dinas Pendidikan Aceh Timur saat melakukan monitoring dan evaluasi Senin (6/5) kemarin menuturkan, kehadiran mereka bukan hanya mentransfer ilmu akan tetapi juga membangun komunikasi baik dengan guru tetap di sekolah serta masyarakat sekitar.
Kendati sedikit terdapat kendala saat berkomunikasi dengan para siswa, namun bukan menjadi penghalang dalam pelaksanaan belajar mengajar, hanya saja mereka butuh perhatian lebih terhadap pembedaharaan bahasa Indonesia yang baik.
Hal semacam ini juga disampaikan beberapa tenaga SM3T di SMPN-2 Darul Ikhsan, pendekatan anak didik dengan tenaga SM3T perlu dibangun termasuk kedisiplinan dalam melakukan kewajiban di sekolah.
"Termasuk membangun hubungan sosial kemasyarakatan dan turut berperan aktif mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di gampong (desa), "sebut salah seorang tenaga SM3T. 
Yang jelas, kehadiran kami di daerah ini minimal bisa menjadi motivasi dan sportivitas bagi guru-guru tetap di sekolah tersebut. ?Kita merasa senang bisa berikan yang terbaik bagi anak didik di8 sini,?ungkapnya lagi.
Oleh karenanya seperti yang dikemukakan para siswa, kami akan merasa kehilangan jika tenaga SM3T tersebut harus beranjak dari sekolah mereka karena telah usai masa pengabdiannya, bahkan ada siswa meminta guru SM3T yang telah mendidik mereka selama ini agar diperpanjang kontraknya.
Tak sampai disitu, Bahkan beberapa guru disitu mengemukakan, kehadiran tenaga SM3T sangat membantu mereka dalam pelaksanaan PBM, disamping sekolah dipedalaman sangat minim tenaga guru terutama guru.(erza).

sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org