Rindu Tanah Rote (Tanah Revolusioner Para Laskar SM3T dan IM) - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Rindu Tanah Rote (Tanah Revolusioner Para Laskar SM3T dan IM)

Rindu Tanah Rote (Tanah Revolusioner Para Laskar SM3T dan IM)

Written By Irfan Dani on Sunday, April 7, 2013 | 10:00 PM


Rote ndao, mungkin nama ini masih asing di telinga orang jakarta, gorotalo, surabaya, manado, medan, dam lain sebagainya, rote juga mungkin hanya merupakan bagian kecil dari bangsa indonesia, tapi tidak bagi mereka yang pernah jatuh bangun, senang sedih  dan  ekspresi lainya yang mungkin tak akan ada habisnya untuk diceritakan, dan mereka adalah para laskar volunter educasi bangsa ini: SM3T dan IM, mereka adalah pemuda dan pemudi luar biasa bangsa ini, mereka berani melangkahkan kaki mereka dan mau berbaur di tanah rote itu. Berbagi ilmu, berbagi, rasa dan berbagi kasih untuk mereka yang mungkin termarginalkan.
Pengalaman menjadi volunter di ranah rote banyak mengisahkan hal-hal luar biasa yang mungkin bila digantikan dengan hal lain tak akan pernah menggantikan banyaknya pengalaman di tanah rote itu. Kini pasca menjadi volunter kita anak SM3T bahkan IM juga pasti merasakan rindu yang sangat mendalam terhadap pulau terselatan indonesia itu, pulau yang ada dalam kehidupan terbatas, terbatas oleh pandangan para pemimpin bangsa, terbatas oleh sentuhan kalangan miliarder bangsa ini.


Melihat foto ini mungkin akan menohok para alumnus SM3T dan IM,  dulu ada dalam lingkaran para liliput bangsa ini, dulu menjadi tempat curhat mereka, dulu menjadi sahabat mereka, dulu menjadi sang guru untuk mereka, tapi kini hanya menjadi pengamat perkembangan mereka di berbagai media dan bahkan mencari bantuan sahabat untuk mendapatkan satu foto terbaru rote.
13652895551102265290
Bagi saya pribadi melihat jalanan ini, inilah jalan penuh perjuangan, jalan ini menjadi bukti sejarah lalu lalangnya para pengajar SM3T dan IM untuk mencari informasi dari pusat kota ke desa masing-masing khusunya ke desa penempatan saya oenitasbersama anak indonesia mengajar, dan jalanan ini merupakan sejarah perjuangan melakukan ibadah sholat yang begitu jauh dari desa penempatan, jalanan ini adalah bukti terakhir melihat begitu luar biasanya alam liar rote ndao.
1365289825738770554
Ba’a, kota ini merupakan kota bersejarah berikutnya di rote ndao, kota penghidupan bagi para SM3T dan IM, kota ini mungkin tak sebesar dengan kota lain di indonesia, tapi kecilnya kota ini menyimpan besarnya makna kehidupan, disinilah tempat destinasi di waktu libur, disinilah tempat pemenuhan kebutuhan hidup, disinilah canda tawa banyak terukir pasca penatnya mengajar di Desa masing-masing.
1365290064534571448

Rindu ini semakin mendalam ketika melihat mereka, mereka adalah sumber inspirasi, dalam foto ini mereka adalah siswa english course ku, mereka menjadi warna bagiku, mereka adalah bukti hidup keberadaanku di tanah rote. Semoga mereka mengingat kita para volunter teacher (SM3T/IM)

SUMBER FOTO: DARUL SYAHDANUL IM4
LOKASI FOTO: ROTE, OENALE, BA’A

ARTIKEL: AWAD SAHAJA SM3T ANGKATAN 1


Penulis:

Abdurrahman Mahmud


alumni s1 pendidikan biologi,alumni sm3t angkatan pertama penempatan rote ndao,mahasiswa pendidikan profesi guru pra jabatan angkatan pertama gorontalo



Sumber

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org