ICW dan Serikat Guru Inginkan Debat Publik Kurikulum 2013 - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » ICW dan Serikat Guru Inginkan Debat Publik Kurikulum 2013

ICW dan Serikat Guru Inginkan Debat Publik Kurikulum 2013

Written By Irfan Dani on Wednesday, March 27, 2013 | 11:52 PM



JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menawarkan ruang diskusi dengan Aliansi Revolusi Pendidikan untuk membahas masalah kurikulum 2013 dan juga permintaan penghapusan Ujian Nasional (UN). Namun, pihak Aliansi Revolusi Pendidikan yang digawangi oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) dan beberapa serikat guru ini tetap menginginkan adanya debat publik terbuka.

Peneliti ICW, Febri Hendri, mengatakan bahwa debat publik terbuka perlu dilakukan dengan mengundang berbagai pihak yang pro dan kontra terhadap adanya perubahan kurikulum ini. Dengan demikian, masukan yang berkait dengan kurikulum baru ini tidak terbatas pada yang setuju saja.

"Kami ingin diadakan debat publik terbuka yang menghadirkan berbagai ahli baik dari pihak kementerian dan pihak lainnya," kata Febri di Gedung C Kemdikbud, Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Tidak hanya itu, ia juga meminta agar pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberi akses seluasnya terhadap data kurikulum 2013 sehingga tidak ada prasangka buruk terhadap proses kurikulum ini baik dari segi persiapan fasilitas hingga masalah anggaran.

"Bukan kami prejudice terhadap anggaran. Tapi fakta yang berbicara korupsi di bidang pendidikan seperti itu. Salah satunya korupsi pengadaan alat laboratorium di perguruan tinggi," ujar Febri.

"Kami juga telah meminta KPK untuk memantau pembahasan anggaran antara Kemdikbud dan DPR agar pembahasan anggaran efektif dan efisien," imbuhnya.

Permintaan dari Aliansi Revolusi Pendidikan ini ditanggapi baik oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim. Bahkan ia menawarkan pada ICW untuk ikut serta mengawasi jalannya proses kurikulum ini.

"Kami membuka ruang bagi ICW untuk bisa ikut serta mengawasi proses persiapan kurikulum ini. Kami jamin tidak ada permainan anggaran apalagi korupsi," jelas Musliar.

"Kami akan ajak yang memang peduli pada pendidikan ini untuk bersama mengawasi tapi jangan kemudian belum apa-apa ditolak atau minta ditunda," tandasnya.

sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org