Kepri Target Program SM-3T - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Kepri Target Program SM-3T

Kepri Target Program SM-3T

Written By irfandani06 on Sunday, February 17, 2013 | 1:11 PM


Batam Pos
Provinsi Kepualauan Riau diusulkan jadi daerah tujuan Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) yang diusung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemen­dikbud).
“Di Kepri, khususnya daerah hinterland masih kekurangan banyak guru. Bahkan salah satu pulau di Kecamatan Senayang, Lingga, masih ada beberapa sekolah SD dan SMP Negeri hanya memiliki dua orang guru saja. Satu kepala sekolah, satu guru honorer. Ini sangat memperihatinkan,” ujar anggota Komisi X DPR RI Herlini Amran, kemarin.
Itu sebabnya, legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dapil Kepri ini mengusulkan agar Kepri menjadi salah satu tujuan program SM-3T, khususnya untuk sekolah-sekolah terluar dan pulau-pulau hinterland yang masih kekurangan guru.
Berangkat dari kondisi itu, Herlini juga mendesak Kemendikbud untuk mengevaluasi program ini, agar ke depan tidak ada lagi wilayah di Indonesia, termasuk wilayah Kepualauan yang sekolahnya kekurangan guru.
Herlini menyebut, Kemendikbud tahun 2012 mengirim 2.479 guru di daerah 3T dan merekrut 464 mahasiswa dari daerah 3 T.
Di 2013 jumlahnya terus bertambah menjadi 2.630 orang. Peningkatan itu terjadi karena Kemendikbud terus melaksanakan penambahan lokasi yang dijadikan program SM-3T ke propinsi-propinsi lain, seperti Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara tetangga, Pulau Nias, dan Sulawesi Utara.
Ia berharap Kemendikbud memiliki strategi khusus dan trobosan- trobosan baru agar capaian program ini semakin membaik. Termasuk penentuan variabel apa saja yang menjadi pertimbangan suatu daerah dikategorikan 3T.
Herlini juga berharap ke depannya Kemendikbud harus bisa meningkatkan kualitas, kapasitas dan loyalitas guru yang akan dikirimkan ke daerah 3T.
“Program dokter PTT saja yang benar-benar profesional dan disumpah, nyatanya banyak yang kabur sebelum masa penugasannya berakhir,” ujarnya.
Program SM-3T masih berlaku jangka pendek, yakni per satu tahun. Program Ini direncanakan akan berlangsung hingga 2015. Program tersebut diberi nama Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. Tujuannya untuk mencari model pendidikan guru khususnya di daerah tertinggal. (Nur)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org