DPR RI Dorong Evaluasi Program SM-3T - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » DPR RI Dorong Evaluasi Program SM-3T

DPR RI Dorong Evaluasi Program SM-3T

Written By irfandani06 on Sunday, February 17, 2013 | 1:23 PM




Jakarta – Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) yang diusung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemen­dikbud) didorong untuk dievaluasi oleh Komisi X DPR.Melalui program tersebut, direalisasikan Program pengiriman 2.479 guru di daerah 3T dan perekrutan 464 mahasiswa dari daerah 3 T. Hal tersebut, diungkapkan  Anggota Komisi X DPR Herlini Amran di Kompleks DPR, dalam siaran pers yang diterima jabarprov.go.id (12/2)
 
Herlini, lebih lanjut  mengatakan, pada dasarnya sangat mendukung pelaksanaan program ini, tetapi, dengan catatan Kemendikbud memiliki strategi untuk mempertahankan loyalitas dan meningkatkan kapasitas guru tersebut. Jika kesejahteraan dan fasilitas untuk mereka tidak diperhatikan, program ini terancam gagal di tengah jalan. Dokter PTT saja yang benar-benar profesional dan disumpah, nyatanya banyak yang DO sebelum masa penugasan berakhir.
 
Harapannya,  Kemendikbud memiliki strategi terobosan seperti apa yang diperlukan agar capaian program ini semakin membaik, termasuk penentuan variabel apa saja yang menjadi pertimbangan suatu daerah dikategorikan 3T.
 
Kedepan,  Kemendikbud diharapkan juga harus bisa meningkatkan kualitas, kapasitas dan loyalitas guru yang akan dikirimkan selanjutnya ke daerah 3T. Variabel yang dikatagorikan 3T juga harus di pertimbangkan agar dapan   menjamin semua sekolah di seluruh pelosok wilayah Indonesia dilayani oleh tenaga pendidik yang cukup dan cakap.
 
Herlini, menambahkan berdasarkan laporan yang diterima di tahun 2012 jumlah peserta yang mengikuti program SMT-3T meningkat dibanding 2011 sebanyak 2.479 orang, kini bertambah menjadi 2.630 orang. Peningkatan itu terjadi karena Kemendikbud terus melaksanakan penambahan lokasi yang dijadikan program SM-3T ke propinsi-propinsi lain, seperti Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara tetangga, Pulau Nias, dan Sulawesi Utara.
 
Program SM-3T masih berlaku jangka pendek, yakni selama satu tahun. Namun demikian, banyak manfaat yang diperoleh Kemendikbud dari peserta SM-3T berupa masukan-masukan bagi peningkatan mutu, sarana dan prasarana di daerah 3T tersebut.
 
Program SM3T direncanakan akan berlangsung hingga 2015. Program tersebut, ujar Herlini diberi nama Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. Tujuannya untuk mencari model pendidikan guru khususnya di daerah tertinggal. (Nur)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org