Pertanyaan Menjebak Wawancara Kerja - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Pertanyaan Menjebak Wawancara Kerja

Pertanyaan Menjebak Wawancara Kerja

Written By Irfan Dani on Tuesday, December 25, 2012 | 1:26 PM


Pencari kerja sedang mengisi formulir aplikasi dalam bursa kerja. (Foto: dok. Okezone)
Pencari kerja sedang mengisi formulir aplikasi dalam bursa kerja. (Foto: dok. Okezone)
JAKARTA - Sebelum menjalani wawancara kerja, tentunya kita penasaran pertanyaan apa yang akan ditanyakan oleh pewawancara, apalagi jika kita merupakan lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja.

Sebagai fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, akan lebih baik jika kita mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara kerja dengan lancar. Sedikitnya ada belasan pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja seperti disitat dari buku 13 Pertanyaan Jebakan Wawancara Kerja, Senin (24/12/2012). 

1. Kekuatan terbesar apa yang Anda miliki?
Tujuan pewawancara mengajukan pertanyaan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Anda mengenali diri sendiri. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus memberikan gambaran positif tentang diri Anda. Ceritakanlah mengenai pengalaman organisasi yang pernah Anda ikuti dan prestasi yang pernah Anda raih.

2. Apakah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah pertimbangan pertama untuk menerima Anda sebagai karyawan di perusahaan kami?
Jika Anda memiliki IPK yang bagus, jangan ragu-ragu untuk menjawab “Ya”. Namun jika memiliki IPK yang kurang bagus, Anda dapat menjwab pertanyaan ini dengan tambahan mengenai pengalaman, keterampilan, dan karakteristik yang Anda dimiliki. Pasalnya, sekarang banyak perusahaan yang hanya menerima calon karyawan dengan IPK bagus.

3. Anda kuliah di mana? Mengapa Anda memilih fakultas atau jurusan itu?
Meskipun pertanyaan ini terlihat tidak penting, namun sesungguhnya pertanyaan ini ditujukan untuk mengukur tingkat penalaran Anda. Jawablah pertanyaan ini dengan mengatakan bahwa Anda memang menyukai fakultas atau jurusan yang Anda pilih karena pertimbangan praktis.

4. Apakah Anda mencari pekerjaan tetap atau sementara?
Dengan pertanyaan ini, pewawancara ingin mengetahui keseriusan Anda pada posisi yang dilamar. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini yaitu, "Saya mencari pekerjaan tetap karena ingin membangun karier di bidang tersebut. Oleh karena itu, saya membutuhkan kesempatan untuk mempelajari bisnis, mencari tantangan baru, dan mempelajari teknik-teknik baru dari para senior yang sudah berpengalaman."

5. Setelah selesai sekolah atau kuliah, mengapa Anda tidak langsung bekerja?
Pertanyaan ini bertujuan mencari tahu hal apa yang Anda cari selama menganggur. Untuk menjawabnya bisa Anda lakukan dengan cara menekankan bahwa Anda tidak sedang mencari gaji yang lebih tinggi, melainkan mencari perusahaan yang mau menerima Anda agar Anda bisa memberikan kontribusi dalam jangka panjang.

6. Pekerjaan apa yang paling Anda sukai?
Bisa jadi pertanyaan ini merupakan pertanyaan jebakan. Nah, ada tiga hal yang harus dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut; jangan mengatakan ada jenis pekerjaan yang Anda benci, jangan mengatakan situasi yang Anda benci, dan  jika Anda terpaksa menyebutkan suatu pekerjaan, berikanlah jawaban yang netral.

7. Apa rencana kerja Anda di masa depan?
Pertanyaan ini biasanya ditanyakan oleh pewawancara untuk mengetahui rencana kerja Anda selama lima tahun ke depan. Sebaiknya jawablah pertanyaan tersebut seperti ini, "Rencana kerja saya di masa depan adalah mencapai kemajuan. Karenanya, saya berharap dalam beberapa tahun ini saya bisa menjadi sosok profesional yang semakin memahami dunia kerja dan industri."

8. Apakah Anda siap melaksanakan tugas rutin dan bekerja di bawah tekanan kerja?
Ini merupakan pertanyaan jebakan karena pewawancara sering mendapati para lulusan yang tidak menyukai rutinitas. Untuk pertanyaan ini, jangan hanya memberikan jawaban "ya" atau "tidak". Berikanlah jawaban positif seperti, "Tidak ada masalah. Saya memahami bahwa perusahaan ingin menghasilkan keuntungan, karena itu perusahaan menerapkan sistem bisnis regular."

9. Apakah Anda pernah membuat kesalahan atau masalah dengan orang lain?
Pertanyaan ini bertujuan untuk menggali level kegigihan dan kemampuan Anda bertindak sesuai prosedur serta berhubungan dengan kemampuan Anda bekerja dalam tim. Jawaban untuk pertanyaan ini cukup "ya" atau "tidak".

10. Posisi apa yang Anda inginkan dan menurut Anda menarik?
Untuk pertanyaan ini, selain memberitahu posisi apa yang Anda inginkan, berilah alasan kenapa Anda menginginkan posisi tersebut. Alasannya bisa sebagai berikut, "Saya tertarik dengan posisi ini karena memberi saya peluang untuk belajar bisnis lebih mendalam dari orang-orang yang sudah berpengalaman, dan memberi saya peluang untuk berkembang ketika saya mampu membuktikan kualitas profesional dan manajerial."

11. Latar belakang apakah yang Anda miliki agar berhasil dalam bidang pekerjaan ini?
Dalam hal ini, pewawancara ingin mengetahui kesimpulan tentang keahlian Anda. Berikanlah jawaban yang singkat dan padat tentang pekerjaan dan kemampuan Anda.

12. Apakah Anda mempunyai gagasan agar perusahaan ini tetap eksis dan mampu bersaing?
Untuk pertanyaan ini, Anda bisa menjawab, "Tujuan utama perusahaan ini adalah menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cepat dan efisien. Oleh karena itu, kita perlu mensinergikan setiap elemen perusahaan ini untuk menciptakan kerjasama yang baik, dan berkesinambungan dengan para pelanggan serta relasi bisnis agar tercipta reputasi yang baik."

13. Apakah Anda memiliki inisiatif atau tekad untuk bekerja?
Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan menceritakan pengalaman Anda ketika bekerja paruh waktu, menjalankan bisnis, atau ketika menjadi bagian dari suatu kegiatan. Di sinilah pewawancara melihat tekad dan kegigihan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jika pewawancara memberi Anda ucapan selamat sesudah wawancara selesai, maka besar kemungkinan Anda lolos dalam tes wawancara.

Sumber:

okezone.com

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org