Pendaftaran SNMPTN 2013 Dibuka, Sekolah Pemalsu Data Bakal Disanksi - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Pendaftaran SNMPTN 2013 Dibuka, Sekolah Pemalsu Data Bakal Disanksi

Pendaftaran SNMPTN 2013 Dibuka, Sekolah Pemalsu Data Bakal Disanksi

Written By Irfan Dani on Tuesday, December 25, 2012 | 1:33 PM

Yogyakarta - Penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013 untuk jalur undangan mulai dibuka. Sekolah dan siswa diminta jujur saat mengisi data. Bila ketahuan berbuat tidak jujur atau memalsukan data, pihak sekolah maupun siswa yang bersangkutan bakal kena sanksi.

"Kami akan melakukan verifikasi secara ketat. Kalau ada sekolah terbukti tidak jujur dan merekayasa nilai siswa untuk ikut SNMPTN undangan akan di-blacklist," kata Panitia SNMPTN Wilayah Yogyakarta, Prof Dr Nurfina Aznam, saat sosialisasi di gedung Graha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (18/12/2012).

Tidak hanya di-blacklist lanjut Nurfina, sekolah yang bersangkutan juga akan dikenakan sanksi tidak boleh mengikuti SNMPTN jalur undangan pada tahun berikutnya. Hal ini akan dilakukan panitia setelah melakukan verifikasi data dan pembuktian bila benar-benar terbukti melakukan pelanggaran.

"Sekolah harus bisa menjaga kredibilitas dan kejujuran dalam merekomendasikan siswa yang akan mengikuti SNMPTN undangan tahun ini sesuai dengan kemampuan siswa," katanya.

Menurut dia, saat ini seluruh Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia diinstruksikan melakukan sosialisasi mengenai penyelenggaraan jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013 kepada semua SMA yang sederajat. Sebanyak 61 PTN seluruh Indonesia serentak melakukan sosialisasi ke seluruh kepala sekolah.

Pihak kepala sekolah diminta mengisi data rapor siswa melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) mulai Senin (17/12/2012) hingga 8 Februari 2013. Seluruh data rapor siswa SMA sederajat akan terhimpun dan dipergunakan panitia pelaksana SNMPTN menyeleksi masuk jalur undangan.

Selanjutnya jadwal pendaftaran jalur undangan atau SNMPTN 2013 dimulai tanggal 1 Februari hingga 8 Maret 2013. Proses seleksi digelar pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Pengumuman hasil seleksi 28 Mei 2013 dan pendaftaran ulang siswa yang lulus seleksi 11-12 Juni 2013.

Menurut dia, untuk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2012 lalu ada pembatasan pendaftar berdasarkan akreditasi sekolah dan pendaftar dikenai biaya pendaftaran. Untuk tahun ini batasan-batasan itu semakin longgar. Seluruh siswa berhak mendaftar bila mendapatkan rekomendasi sekolah. 

"Pendaftaran jalur undangan SNMPTN 2013 bersifat gratis tanpa dipungut biaya," katanya.

Untuk tahun ini ada 3 jalur penerimaan, yakni SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur Ujian Mandiri (UM). SNMPTN diselenggarakan pemerintah dengan kuota minimal 50 persen. SBMPTN diselenggarakan oleh Majelis Rektor PTN dengan kuota minimal 30 persen dan ujian yang diselenggarakan masing-masing PTN kuota maksimal 20 persen.

Sumber:

detikcom
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org