Pelaksanaan SNMPTN, 2013 Gratis - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Pelaksanaan SNMPTN, 2013 Gratis

Pelaksanaan SNMPTN, 2013 Gratis

Written By Irfan Dani on Tuesday, December 25, 2012 | 1:20 PM

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wakil Rektor I Universitas Andalas (Unand) Padang Febrin Anas Ismail mengemukakan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 tidak dipungut biaya karena telah ditanggung pemerintah. Semua tahapan mulai dari pendaftaran, memasukan data hingga pengumuman peserta tidak dikenakan biaya apapun, kata dia di Padang, Jumat (21/12).

Menurut dia, kebijakan ini digulirkan pemerintah untuk memperluas akses pendidikan di perguruan tinggi bagi seluruh pelajar termasuk yang kurang mampu. "Bahkan bagi pelajar yang kurang mampu namun berprestasi, selain gratis mengikuti SNMPTN juga berpeluang menerima beasiswa Bidik Misi selama delapan semester," kata dia.

Ia menjelaskan, pada SNMPTN 2013 , pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri mengalami perubahan dimana semua pelajar tingkat SLTA yang lulus ujian nasional punya kesempatan untuk untuk ikut.

Jika pada 2012 seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis, maka pada 2013 menggunakan sistem penilaian rapor dan prestasi lainnya selama belajar di SLTA.

Perguruan tinggi akan menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya mengacu pada data pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) yang berisi rekam jejak sekolah dan prestasi akademik lainnya, kata dia.

Dalam hal ini kepala sekolah akan mengisi data sekolah dan siswa di PDSS untuk kemudian diseleksi oleh perguruan tinggi. Setelah itu siswa melakukan verifikasi data rekam jejak akademik yang telah diisi kepala sekolah melalui situs yang telah ditentukan untuk kemudian memilih dua program studi yang diminati.

Sementara Rektor Universitas Andalas Wery Darta Taifur mengatakan dalam penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN 2013, perguruan tinggi akan melakukan seleksi dengan menggunakan tiga indikator. Indikator tersebut yaitu, prestasi akademik, kelayakan serta diprediksi yang bersangkutan mampu menyelesaikan studi diperguruan tinggi.

Namun, ia mengingatkan, jumlah calon mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN tersebut hanya 50 persen dari total mahasiswa yang akan diterima. Sisanya sebanyak 30 persen akan diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan ujian mandiri.

Ia menambahkan SNMPTN 2013 agak mirip dengan penerimaan melalui jalur penelusuran potensi akademik (PPA). Namun, bedanya jika melalui PPA hanya siswa berprestasi, pada SNMPTN 2013 semua pelajar berhak untuk ikut serta.

Sumber:

Republika Online
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org