Guru Program SM3T yang Gugur Terima Penghargaan Pendidikan - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Guru Program SM3T yang Gugur Terima Penghargaan Pendidikan

Guru Program SM3T yang Gugur Terima Penghargaan Pendidikan

Written By Irfan Dani on Saturday, December 1, 2012 | 11:26 AM


Bandung — Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), yang menjadi peserta program Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T), gugur saat bertugas di Aceh Timur. Winda Yulia, alumni terbaik Jurusan Matematika UPI, ditemukan dalam keadaan meninggal, setelah terseret arus sungai Simpang Jernih, di pedalaman Kabupaten Aceh Timur, pada Kamis, (29/11). Sedangkan seorang temannya, Geugeut Zaludiosanva Annafi, alumni UPI Jurusan Penjaskes, hingga saat ini belum ditemukan.
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk memberikanpenghargaan pendidikan kepada keduanya atas pengabdian mereka. Penghargaan pendidikan untuk keduanya akan diberikan saat puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2012, pada 4 Desember mendatang, di Sentul International Convention Center (SICC).
Dijadwalkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan hadir pada puncak HGN itu. Anggota keluarga dari Winda dan Geuget akan menjadi perwakilan untuk menerima penghargaan pendidikan tersebut. Selain itu, Kemdikbud juga akan memberikan beasiswa pendidikan kepada anggota keluarga Winda dan Geugeut (diutamakan saudara kandung). Mereka bebas memilih jenjang pendidikan untuk beasiswa, antara S1, S2, atau S3, termasuk pilihan untuk sekolah di dalam negeri atau di luar negeri. “Kemdikbud merasa perlu untuk melanjutkan cita-cita mereka,” ujar Supriadi Rustad, Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, usai disemayamkannya jenazah Winda di Kampus UPI, Bandung, pada Jumat (30/11) siang.
Jenazah Winda diterbangkan dari Medan pada Jumat pagi, dan tiba di Kampus UPI usai sholat Jumat. Kemudian para civitas akademika UPI, termasuk Rektor UPI, Sunaryo Kartadinata, serta anggota keluarga Winda yang datang untuk menjemput jenazahnya, melakukan sholat jenazah di Mesjid Al Furqon UPI. Usai sholat jenazah, doa bersama juga dilakukan untuk mendoakan kepergian Winda. Winda selanjutnya dimakamkan di tanah kelahirannya di Ciamis, Jawa Barat. Doa bersama juga dilakukan untuk mendoakan keselamatan Geugeut yang masih dalam pencarian.
Rektor UPI, Sunaryo Kartadinata mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan pencarian Geugeut. Pencarian akan terus dilakukan hingga beberapa hari ke depan oleh tim gabungan. Tim gabungan tersebut terdiri dari Tim UPI, Tim Universitas Negeri Medan (Unimed), serta Tim SAR Gabungan Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Tim Basarnas Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pencarian juga dibantu oleh warga setempat, dan dukungan pemerintah daerah.
Winda dan Geugeut merupakan alumni UPI peserta program SM3T yang ditugaskan untuk mengajar di SMPN 2 Simpang Jernih, Aceh Timur. Pada Senin (26/11), dalam perjalanan pulang usai menghadiri rapat koordinasi SM3T di kantor Dikpora Kabupaten Aceh Timur, perahu yang mereka tumpangi terbalik karena arus sungai Simpang Jernih tiba-tiba membesar. Saat itu mereka akan kembali ke Desa Melidi, tempat mereka bertugas. Akses satu-satunya dari kota Kecamatan ke Desa Melidi hanya bisa ditempuh melalui sungai Simpang Jernih dengan perahu. Arus sungai yang tiba-tiba membesar membuat duanya terseret arus bersama pengemudi perahu dan seorang warga setempat.
Sementara dua alumni Universitas Negeri Medan yang juga ikut dalam perahu yang sama, berhasil bertahan dengan berpegangan pada tangki minyak di pinggiran sungai, hingga warga datang dan menyelamatkan. Program SM3T adalah program pengabdian sarjana pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T selama satu tahun, dan akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru. Pengiriman peserta SM3T telah dilakukan dua angkatan. Angkatan pertama sebanyak 2479 orang telah diberangkatkan dengan masa pengabdian November 2011 – Oktober 2012. Sedangkan angkatan kedua sebanyak 2726 peserta telah diberangkatkan untuk masa pengabdian November 2012 – Oktober 2013. (DM)

Sumber:
Kopertis Wilayah XII
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org