Di Aceh Timur, HUT PGRI Diperingati dengan Suasana Berkabung - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Di Aceh Timur, HUT PGRI Diperingati dengan Suasana Berkabung

Di Aceh Timur, HUT PGRI Diperingati dengan Suasana Berkabung

Written By Irfan Dani on Wednesday, November 28, 2012 | 4:50 PM


IDI RAYEUK – Peringatan Haru Guru Nasional ke-67 yang ditandai dengan upacara di Lapangan Titi Baroe Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur hari ini diwarnai dengan suasana berkabung, Selasa, 27 November 2012.
Hal itu terjadi karena dua orang guru SMP3T di Kecamatan Simpang Jernih, tenggelam akibat boat yang mereka tumpangi karam di sungai Simpang Jernih pada Senin kemarin, 26 November 2012. Dua guru tersebut adalah Geget dan Winda, hingga kemarin siang keberadaan kedua guru tersebut belum diketahui.
Dalam upacara PGRI tersebut, para guru, pelajar, dan muspida/muspika serta kepala SKPK tampak memanjatkan doa untuk kedua guru tersebut. Suasana hening mewarnai seluruh peserta upacara saat Sekda Aceh Timur Syaifannur yang bertindak sebagai pembina upacara memimpin hening cipta.
Sekda yang membacakan pidato Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, menyorot soal profesi guru dengan segala konsekwensinya (terutama peningkatan kesejahteraan) apakah sudah mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
“Jawavabannya tentu iya, peningkatan kesejahteraan guru mampu meningkatkan kualitas pendidikan, meskipun belum signifikan. Masih ada ruang yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari aspek peran guru,” kata Syaifannur.
Aspek tersebut yaitu kompetensi guru dalam pemahaman substansi bahan ajar, pedagogi, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Dalam kurikulum 2012 yang sekarang sedang dirampungkan, pendekatan yang digunakan adalah berbasis sains. Yaitu mendorong siswa agar mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar dan mempresentasikan.
Puncak peringatan HUT PGRI tersebut juga ditandai dengan penyerahan bingkisan kepada puluhan guru berprestasi dari tujuh UPT Disdik Aceh Timur yang diserahkan langsung oleh Sekda.
“Sejak kemarin sore kita telah memerintahkan semua unit SAR beserta peralatan untuk bergerak melakukan pencarian terhadap korban tenggelamnya boat tersebut. Saat ini kita terus memantau situasi terkini pencarian korban melalui tim SAR dan pihak Dinas Pendidikan yang masih berada di lokasi,” kata Sekda.
Adapun tujuh UPT tersebut masing masing Idi, Ranto Peureulak, Peureulak, Darul Aman, Julok, Simpang Ulim dan Rantau Selamat. Diantara guru berprestasi dari UPT Idi yang menerima bingkisan adalah Lelawati SPdI (MAN Idi), Darmawati Ama.Pd (SMPN Idi), Jauhari SAg (MIN Idi), Hasrati (MTsNn Idi ) dan lainnya.[] (ihn)

Sumber:

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org