Alumni UPI Meninggal di Lokasi SM-3T di Aceh - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Alumni UPI Meninggal di Lokasi SM-3T di Aceh

Alumni UPI Meninggal di Lokasi SM-3T di Aceh

Written By Irfan Dani on Friday, November 30, 2012 | 5:23 PM



INILAH.COM, Bandung - Dua alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Winda Yulia dan Geugeut Zaludiosanva Annafi, mengalami musibah saat menjalani program SM-3T di Kabupaten Aceh Timur, Senin (26/11/2012).

Salah satu di antaranya, yakni Winda ditemukan meninggal dunia dan disemayamkan di Masjid Kampus UPI untuk disalatkan serta penghormatan terakhir, Jumat (30/11/2012).

Musibah tersebut terjadi Senin (26/11/2012) sekitar pukul 17.00 WIB saat keduanya pulang usai menghadiri rapat koordinasi SM-3T di Kantor Dikpora Kabupaten Aceh Timur. Dalam perjalanan pulang menuju lokasi SM-3T di Desa Melidi, Aceh Timur, Winda dan Geugeut menggunakan perahu boat sederhana bersama dua peserta lain dari UNIMED (Hanafi dan Irma Yuna), penduduk setempat, dan pengemudi boat.

Di tengah perjalanan, arus Sungai Simpang Jernih Aceh Timur membesar dan speedboat yang ditumpangi enam orang itu terguling. Setelah berusaha bertahan, kedua alumni mahasiswa UPI, bersama penduduk setempat dan pengemudi terbawa arus sungai yang deras. Sedangka kedua peserta SM-3T dari UNIMED berhasil bertahan dengan berpegangan pada tangki minyak di pinggiran sungai sampai akhirnya ditemukan warga setempat.

"Kita mengetahui kejadian yang menimpa dua alumni tidak lama setelah kejadian terjadi sekitar pukul 19.00 WIB dan langsung melakukan koordinasi dengan pihak Ditjen Dikti dan teman-teman korban di lokasi. Namun kita belum bisa memberikan keterangan karena saat ini semuanya belum ada kepastian," ujar Rektor UPI Sunaryo Kartadinata saat menggelar konferensi pers di Masjid Kampus UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (30/11/2012).

Sementara itu, pihak Ditjen Dikti selaku penanggung jawab program SM-3T menuturkan, langsung melakukan penyelamatan dan pencarian bersama tim SAR Gabungan Aceh Timur, Aceh Tamiang dan tim Basarnas Provinsi Aceh serta dibantu warga setempat.

Jasad Winda ditemukan pada Kamis (29/11/2012) pukul 12.30 WIB, sekitar 80 km dari lokasi kejadian di Batu Karak, Desa Melidi, KSimpang Jernih. Sedangkan satu peserta asal UPI lainnya, Geugeut Zaludiosanva Annafi sampai saat ini masih dalam proses pencarian.

"Ini murni musibah yang terjadi di luar perkiraan kita. Sebelumnya para peserta sudah disiapkan dengan berbagai pelatihan sehingga siap untuk diterjunkan dalam program ini," tutur Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemendikbud Supriadi Rustad.

Program SM-3T sendiri merupakan program pengabdian sarjana pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T.

Winda sendiri merupakan lulusan terbaik Jurusan Matematika UPI, peraih Honorable Mention on MIPA, Juara 3 OSN PTI tingkat Jabar, dan Juara 3 Olimpiade Sains Teknologi Tahun 2011. Winda tercatat sebagai warga Kelurahan Panumbangan No 11 RT 01/03, Ciamis.

Sedangkan Geugeut Zaludiosanva Annafi merupakan lulusan Jurusan Penjaskes UPI dan tercatat sebagai warga Jalan Adipati Agung 1 Cigado RT 07/10 Baleendah, Kabupaten Bandung.[jul]

Oleh: Ageng Rustandi


www.inilahkoran.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org