24 Sarjana SM3T Ditugaskan di Tiga Kecamatan di Nunukan - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » 24 Sarjana SM3T Ditugaskan di Tiga Kecamatan di Nunukan

24 Sarjana SM3T Ditugaskan di Tiga Kecamatan di Nunukan

Written By Irfan Dani on Monday, November 5, 2012 | 5:18 PM

NUNUKAN,tribunkaltim.co.id-  Pemkab Nunukan dalam pekan ini kembali menerima 24 orang sarjana yang ditugaskan di tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Sebuku, Kecamatan Sembakung dan Kecamatan Lumbis. Para guru ini bagian dari program  Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal (SM3T). Sebelumnya Pemkab Nunukan juga menerima guru program dimaksud untuk ditempatkan di Kecamatan Krayan.

Sebanyak 24 sarjana ini berasal dari Provinsi Gorontalo. Penempatan para guru dimaksud berdasarkan survei kebutuhan sekolah. “Jadi sesuai dengan keadaan guru yang ada di sana. Kalau memang guru  Matematika di sana, Matematika ditempatkan berdasarkan kekosongan guru yang ada. Ini dari Universitas Gorontlao, ada 24 orang untuk kita alokasikan di Sebuku, Sembakung dan Lumbis,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Nunukan Hasmuni.
Para guru dimaksud akan bertugas selama setahun hingga Oktober tahun depan. Setelah itu, para guru kembali ke kampus untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) selama setahun, guna mendapatkan Sertifikasi Guru.

Setelah itu apakah dia lulus sertifikasi, apakah tidak? Kalau mereka mau kembali perpanjangan kontraknya, bisa mengajukan lagi. Ini program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka perguruan tingginya yang mengajukan itu,” ujarnya.

Untuk penempatan di Kabupaten Nunukan, ada sebanyak 140 guru yang berasal dari tiga kota di Indonesia. Mereka disebar di sejumlah kecamatan di pedalaman yang selama ini masih kekurangan guru seperti di Kecamatan Sebuku, Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sembakung, Kecamatan Tulin Onsoi, Kecamatan Sembakung Atulai, Kecamatan Krayan dan Kecamatan Krayan Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan Nunukan Nizaruddin menjelaskan, untuk program tersebut, Kabupaten Nunukan menerima 30 guru dari Gorontalo, 40 guru dari Malang dan 70 dari Nusa Tenggara Timur.


Ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Pendidikan Tinggi. Segala pembiayaan program dimaksud tidak ada sedikitpun dibebankan pada APBD Kabupatne Nunukan. “Itu tanggung jawab penuh kementerian," ujarnya.
 
Sumber:

Tribun Batam
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org