Aceh Barat Tolak Penempatan 100 Guru Kontrak asal Sumut - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Aceh Barat Tolak Penempatan 100 Guru Kontrak asal Sumut

Aceh Barat Tolak Penempatan 100 Guru Kontrak asal Sumut

Written By Irfan Dani on Wednesday, March 14, 2012 | 10:09 AM

* Akibat Abaikan Putra Daerah

MEULABOH - Pemkab Aceh Barat melalui Dinas Pendidikan setempat telah menyampaikan penolakan terhadap rencana penempatan 100 guru kontrak asal Sumatera Utara (Sumut) ke daerah-daerah terpencil di Aceh Barat. Pasalnya rekrutmen para guru kontrak sarjana strata satu (S1) yang diselenggarakan Universitas Negeri Medan (Unimed) pada November lalu itu dinilai sarat KKN. Apalagi hanya dua orang saja di antara calon guru tersebut putra Aceh Barat.

Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh Barat, Bismi SPd didampingi Kabid Dikmen, Nasir kepada Serambi, Minggu (11/12) mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat penolakan resmi ke Kementerian Pendidikan Nasional (Kemndiknas) di Jakarta berkaitan dengan penempatan 100 guru kontrak asal Sumut itu di Aceh Barat.

“Dari 83 peserta tes asal Aceh Barat hanya dua orang diluluskan, sedangkan yang lulus lainnya semua peserta dari Sumatera Utara,” ujar Bismi.

Dikatakan Bismi, Kemendiknas merekrut ribuan guru kontrak untuk ditempatkan di daerah-daerah terpencil di Provinsi Aceh, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Khusus di Provinsi Aceh, para guru kontrak tersebut ditempatkan antara lain di Aceh Barat, Aceh Selatan, dan Simelue. Lokasi penyelenggaraan tes peserta asal Aceh Barat dan Simeulu di Unimed Medan, pada pertengahan Nopember 2011 lalu, sedangkan peserta dari Aceh Selatan tes di Padang, Sumbar. Anehnya lagi, kata Bismi, untuk Aceh Barat malah peserta tesnya mayoritas dari Sumatera Utara, sehingga peserta tes dari Aceh Barat disingkirkan oleh panitia Unimed.

Sehingga Dinas Pendidikan Aceh Barat sangat keberatan sebab yang lulus malah orang-orang dari luar Aceh. “Padahal penerimaan guru terpencil dikhususkan untuk Aceh sehingga kita menolak penempatan guru kontrak dari Sumatera Utara itu,” katanya.

Ia menambahkan, peserta dari Aceh Selatan yang ikut tes di Padang Sumtera Barat, malah seluruh peserta yang lulus orang Aceh Selatan. “Kenapa malah jatah Aceh Barat dipermainkan oleh orang Sumatera Utara, sehingga kita menolak ditempatkan guru dari Sumut ke Aceh Barat,” ujarnya.(riz)

Editor : bakri
 
Sumber:  aceh.tribunnews.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org