KEGIATAN PRAMUKA PPG SM-3T UNY - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » KEGIATAN PRAMUKA PPG SM-3T UNY

KEGIATAN PRAMUKA PPG SM-3T UNY

Written By irfandani06 on Wednesday, May 22, 2013 | 5:05 PM



Dalam rangka pembinaan asrama untuk peserta PPG SM3T, Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Kwartir Cabang Kulonprogo menyelenggarakan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar yang dilaksanakan di Asrama Mahasiswa Kampus UNY Wates sejak tanggal 4 hingga 19 Mei 2013. Kegiatan yang meliputi teori dan praktik dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu dan diikuti 162 peserta serta dipandu oleh Pusdiklatcab Kulonprogo.
Kursus Mahir Dasar (KMD) ini menyiapkan calon pembina pramuka siaga dan penggalang agar mereka terjun ke sekolah kelak setelah selesai menempuh PPG, dapat menjadi pembina yang mumpuni bagi para siaga dan penggalang. KMD ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok yang belum mempunyai KMD akan dilatih oleh Kwarcab Kulonprogo, sedangkan kelompok yang telah memiliki KMD diberi materi ketrampilan kepramukaan oleh racana dan alumni racana.
Kepala P3TKN LPPMP UNY, Dr. Eddy Purwanto, mengatakan bahwa peserta PPG SM3T merupakan tulang punggung pendidikan Indonesia di masa yang akan datang. Oleh karena itu, perlu ditanamkan disiplin yang merupakan salah satu ciri orang berkarakter dan kunci sukses dalam berkegiatan. “Penyelenggara PPG dan PLPG hanya dilaksanakan oleh perguruan tinggi yang memiliki kualifikasi tertentu yang mendapatkan izin menteri,” kata Dr. Eddy Purwanto.
Menurutnya, dalam penyelenggaraan PPG ada dua pembinaan yaitu pembinaan akademik berupa workshop SSP atau microteaching, dan pembinaan asrama berupa pramuka, kerohanian, ketrampilan, pelatihan MC, dan praktik berbahasa Inggris. Untuk pelatihan kepramukaan, baru PPG SM3T UNY yang melaksanakannya yang akan dicontoh oleh beberapa LPTK lainnya.
Materi kepramukaan yang diberikan pada KMD ini di antaranya dinamika kelompok, kepramukaan, kegiatan di alam terbuka (outbond), ketrampilan kepramukaan, serta program kegiatan untuk siaga, penggalang, dan penegak, dan matapelajaran pilihan kewiraan dan muatan lokal. (dedy)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org