Jadwal UN Terancam Ditunda Lagi - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » , » Jadwal UN Terancam Ditunda Lagi

Jadwal UN Terancam Ditunda Lagi

Written By Irfan Dani on Wednesday, April 17, 2013 | 2:37 PM

Baru 14 Daerah Kebagian Soal 


MAKASSAR -- Dinas Pendidikan Sulsel belum dapat memastikan Ujian Nasional tingkat SMA, bisa dilakukan Kamis (18/4) besok. Pasanya, hingga Selasa petang, belum seluruhnya naskah UN tiba di Makassar.
    
Selain itu, naskah yang sudah tiba di Makassar saat ini, ternyata belum lengkap. Bahkan, hingga malam tadi, tak satu pun daerah di Sulsel yang sudah lengkap naskah UN-nya. Ini akibat sistem pengiriman naskah dari  PT Galia Indonesia Printing yang tidak menggunakan sistem urutan sesuai Kabupaten/kota. Padahal, Dinas Pendidikan Sulsel sejak jauh hari sudah meminta agar pengiriman naskah mendahulukan kabupaten/kota ter jauh. 
    
Bukan hanya itu, naskah yang diterima Dinas Pendidikan Sulsel, baru naskah untuk mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama dan kedua, 18-19 April. Naskah untuk mata pelajaran hari ketiga dan ke empat, baru akan dikirim pihak percetakan pada Kamis dan Jumat nanti.       

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Abdullah Djabbar mengatakan, kurang lebih 300 dos atau koli naskah UN tingkat SMA yang masih dalam tahap pengangkutan dari Bogor ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta untuk diteruskan ke Sulsel. Jika naskah tersebut baru tiba siang ini, Rabu, 17 April, maka akan sulit sampai di satuan pendidikan pada hari Kamis.
    
"Karena banyak daerah terjauh yang sangat sulit dijangkau dalam waktu sehari. Misalnya Selayar, daerah pegunungan di Tana Toraja, Toraja Utara dan Luwu. Begitu pun Enrekang," ujar Abdullah Djabbar  saat meninjau kedatangan naskah UN di Bandara lama Sultan Hasanuddin Makassar, petang kemarin.
    
Menurut dia, naskah yang tiba hingga kemarin baru 14 kabupaten/kota. Itu pun belum cukup jika dibandingkan dengan jumlah peserta yang akan mengikuti UN di daerah tersebut. Daerah yang sudah menerima naskah UN yakni Kota Makassar 172 dos, Gowa 21 dos, Parepare 20 dos, Palopo 15 dos, Maros 43 dos, Pangkep 9 dos, Bulukumba 48 dos, Jeneponto 29 dos, Bone 86 dos, Wajo 38 dos, Barru 19 dos, Bantaeng 26 dos, Soppeng 17 dos, dan Sinjai 2 dos. Sementara 10 daerah daerah lainnya, belum tiba hingga malam tadi.
    
"Jadi, belum ada daerah yang lengkap soalnya (naskah), karena naskah UN yang dikirim pihak percetakan itu tercampur-campur. Sekali pengiriman itu tercampur semua daerah. Jadi harus dipilah-pilah lagi," kata Jabbar.
    
Dua pesawat pengangkut naskah UN yang tiba Selasa (16/4) sore, hanya membawa kurang lebih 400 dos. Pesawat Boing 737 yang tiba pada pukul 14.15 Wita, hanya mengangkut 282 dos naskah. Pasalnya, pesawat tersebut juga mengangkut naskah UN untuk Bali dan Sulawesi Tenggara.
    
"Jadi, masih ada sekitar 300 dos yang sementara dikerja di Bogor, kalau naskah tersebut terlambat tiba, maka terpaksa kita menggunakan helikopter untuk mendistribusi ke daerah terjauh, seperti Selayar dan Tana Toraja dan daerah terjauh lainnya," ungkapnya.
    
Bagaimana dengan naskah UN untuk SMP - Abdullah Djabbar juga belum dapat memberi kepastian. Menurut dia, sampai saat ini UN SMP tetap dijadwalkan berlangsung Senin, 22 April. Namun sambungnya, itu bisa dilakukan jika naskah UN tiba pada Kamis, 18 April. Seharusnya, ungkap dia, jika mengacu perjanjian antara Diknas Sulsel dengan PT Galia Indonesia Printing, naskah UN SMP sudah harus tiba pada Selasa hingga Rabu hari ini, namun perusahaan yang beralamat di Bogor tersebut meminta pengunduran waktu ke Kamus dan Jumat. 
    
Koordinator Tim Pengawasan dan Distribusi Naskah UN 2013, Prof Dadang Suriamiharja, mengakui jika naskah UN tingkat SMA yang tiba belum lengkap. Dadang berharap naskah tersebut bisa tiba paling lambat pagi ini. Jika itu mulur kata dia, maka pendistribusiannya ke daerah akan sangat kewalahan.
    
"Kalau naskahnya tiba Rabu sore, maka sangat sulit untuk sampai ke satuan pendidikan pada Kamis pagi, tapi kita berharap naskah untuk mata pelajaran Kamis dan Jumat (18-19 April) bisa datang lebih awal, supaya UN tidak mulur lagi," harapnya. (kas/wan)




Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org