Syarat dan Ketentuan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) SMP Tahun 2013 - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Syarat dan Ketentuan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) SMP Tahun 2013

Syarat dan Ketentuan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) SMP Tahun 2013

Written By Irfan Dani on Monday, March 11, 2013 | 5:12 PM

LPIR

Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan merupakan hal yang penting bagi masa depan generasi muda agar mampu berperan dan berkompetisi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Usaha dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia antara lain melalui kegiatan kesiswaan dalam bentuk kegiatan bimbingan penelitian ilmiah remaja. Hasil-hasil penelitian siswa tersebut diwadahi dalam sebuah kompetisi yang bernama Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR).

LPIR adalah suatu kegiatan penelitian siswa yang diarahkan pada pengembangan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni), ditulis dalam makalah ilmiah untuk dijadikan bahan penilaian dalam kompetisi guna mendapatkan karya terbaik dan inovatif, kreatif, dan ilmiah. LPIR mencakup tiga bidang keilmuan yaitu, 1) Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, 2) Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, dan 3) Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa. 

Persayaratan peserta Lomba Penelitian Ilmiah Remaja 2013 adalah sbb :

  1. Berkewarganegaraan Indonesia
  2. Terdaftar dan aktif sebagai siswa SMP/SMP Terbuka, SD-SMP Satu Atap/negeri atau swasta
  3. Belum pernah mempresentasikan karya tulis yang diikutsertakan dalam LPIR ini pada lomba lain pada tingkat nasional.
  4. Belum pernah menjadi juara satu pada bidang lomba yang sama di LPIR SMP tingkat nasional yang diselenggarakan Kemdikbud.

Ketentuan Lomba :
  1. Lomba dibuka sejak diumumkan. Semua karya tulis dan karya cipta telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya tanggal 31 Juli 2013.
  2. Peserta lomba adalah siswa yang masih terdaftar SMP Negeri atau Swasta di seluruh Indonesia yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
  3. Peserta diwajibkan berkelompok, 2-3 orang.
  4. Anggota kelompok peneliti yang terpilih sebagai finalis, berhak mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan karya tulis yang diperlombakan. Piagam penghargaan akan diberikan kepada seluruh a\€nggota kelompok finalis.
  5. Peserta lomba diwajibkan melampirkan riwayat hidup, ditulis tangan atau diketik dan diketahui oleh kepala sekolah. Dalam daftar riwayat hidup dicantumkan alamat sekolah yang apat dihubungi dan nomor telepon/faks/e-mail.
  6. Karya ilmiah yang dikirimkan harus asli sebanyak 1 (satu) ekspemplar, ditambah tiga rangkap salinan/fotokopi.
  7. Karya tulis peserta yang diperlombakan dapat disebarluaskan oleh panitia melalui media massa.

Pelaksanaan lomba tingkat nasional akan berlangsung tanggal 22-28 September 2013 di Malang Jawa Timur.

Sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org