Mendikbud: Kurikulum 2013 Jangan Bikin Guru Ngeluh - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Mendikbud: Kurikulum 2013 Jangan Bikin Guru Ngeluh

Mendikbud: Kurikulum 2013 Jangan Bikin Guru Ngeluh

Written By Irfan Dani on Saturday, March 30, 2013 | 7:52 PM

Mendikbud Mohammad Nuh. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mulai menyosialisasikan Kurikulum 2013 kepada guru-guru di DKI Jakarta. Sosialisasi tersebut bertema Dialog Interaktif Pemantapan Kurikulum 2013.

"Pemberlakuan atau pelaksanaan Kurikulum 2013 tidak boleh mengakibatkan guru mengeluh. Yang penting mereka tidak boleh di-PHK, urusan nanti ada beberapa guru-guru yang bermasalah akan konsultasi dengan kepala dinas," imbuh Mendikbud Mohammad Nuh, ketika menyampaikannya kepada guru-guru se-DKI Jakarta, di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2013).

Oleh karena itu, pihaknya saat ini mulai memberikan sosialisasi dengan memberikan pengumuman, namun belum ada pelatihan. "Mulai Juli akan ada kurikulum baru tapi tidak semua sekolah, tidak semua kelas. Melainkan hanya kelas 1 dan kelas 4 SD," tambahnya.

Dia menambahkan, pelatihan secara bertahap ini nantinya hanya untuk guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Bagi guru yang sudah siap melakukan perubahan, maka pelatihannya akan dilakukan berjenjang.

"Jika ada guru yang berkompetensi tolong didaftar atau mendaftarkan diri untuk menjadi instruktur nasional menjadi guru inti," tegasnya.

Di sisi lain, Nuh menjelaskan wajibnya ekstrakurikuler pramuka dalam Kurikulum 2013 bagi siswa-siswi berjenjang SMP dan SMA.

"Kenapa pramuka sangat penting, karena yang kita bangun bukan semata-mata pengetahuan saja tetapi keterampilan dan sikap juga. Pembina pramuka juga dihitung berapa jam untuk memenuhi operasionalnya, jumlah jamnya bisa dihitung lagi mana yang lebih dan yang kurang," pungkasnya.(ade)

sumber
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org