Kurikulum baru diterapkan Juli - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Kurikulum baru diterapkan Juli

Kurikulum baru diterapkan Juli

Written By Irfan Dani on Friday, March 29, 2013 | 9:49 PM

Mendikbud Muhammad Nuh (ANTARA/HO)
 "Insya Allah kurikulum baru nantinya lebih bagus"

Kudus (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan kembali bahwa kurikulum baru siap diterapkan mulai pertengahan Juli 2013.

"Saat itu, bertepatan dengan tahun pelajaran 2013/2014," ujarnya ditemui usai menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW, Istighosah, dan Harlah Muslimat NU di halaman SD Unggulan Muslimat NU Kudus di Jawa Tengah, Jumat.

Saat ini, katanya, sedang dipersiapkan mulai dari buku pelajaran, pelatihan tenaga pensosialisasi, hingga pelatihan guru. 

Ia mengatakan, saat sekarang masih dalam tahap sosialisasi kurikulum 2013 tersebut. Rencananya pelatihan guru secara massal akan dilaksanakan Juni 2013 yang bertepatan dengan liburan sekolah.

Perubahan paling mendasar dari kurikulum baru tersebut, katanya, untuk kurikulum SD akan menggunakan tematik terpadu atau pelajaran yang jumlahnya cukup banyak akan dikurangi dan diramu.

Nantinya, kata dia, setiap pelajaran mencakup tiga aspek, yakni keterampilan, sikap dan pengetahuan menjadi satu paket.

Ia mencontohkan, mata pelajaran Bahasa Indonesia juga akan mengajarkan kejadian sehari-hari.

Selain itu, kata dia, metodologi yang digunakan yang membangkitkan kreativitas, sehingga anak akan diajarkan observasi, bertanya, berfikir/nalar, presentasi, dan menyampaikan gagasan.

"Insya Allah kurikulum baru nantinya lebih bagus," ujarnya.

Terkait dengan muatan lokal, katanya, tetap ada, karena tidak ingin akar dari daerah setempat dihilangkan.

sumber
Share this article :

1 comment:

  1. Kurikulum 2013 atau kurikulum baru menurut saya bagus sekali, perfect!. Hanya saja, guru yang akan mengiplemntasikannya belum ada yang punya komitment tinggi, karena mereka tidak mengerti atau tidak memahami "integrated learning corrrectly", mereka tidak paham apa yang belaajr tematik, mereka tidak kreatif, (pengalaman saya selama 4 tahun jadi instruktur PLPG). Kemudian pemilihan instruktur untuk membaca bahan-bahan atau buku-buku yang akan digunakan, yang diundang ke Jakarta penuh dengan KKN (pengalaman penulis sebagai dosen PGSO) Jadi saya ingatkan kepada Bapak Mentri Pendidikan dan Kebudayaan agar mengontrol kerja bawahan Bapak "seriously" Ok Pak, Kalau tidak tidak menyesal, atau rakyat tidak rugi.

    ReplyDelete


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org