Nasib Eks RSBI Ditentukan Akhir Januari - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Nasib Eks RSBI Ditentukan Akhir Januari

Nasib Eks RSBI Ditentukan Akhir Januari

Written By Irfan Dani on Wednesday, January 16, 2013 | 4:32 PM



TEMPO.COJakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menyatakan nasib eks Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional baru bisa ditentukan pada akhir Januari. "Yang penting, setelah kami konsultasi dengan Ketua Mahkamah Konstitusi, sudah sangat jelas. Proses belajar-mengajar RSBI berjalan seperti biasa," kata Nuh seusai Presidential Lecture di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa, 15 Januari 2013

Menurut Nuh, Kementerian sebenarnya sudah memiliki konsep kasar tentang nasib eks RSBI. Ia akan mengajak dinas-dinas pendidikan dan dewan-dewan pendidikan untuk duduk bareng merumuskan langkah berikutnya. 

Nuh optimistis perumusan bentuk bekas RSBI atau Sekolah Bertaraf Internasional sudah bisa dihasilkan sebelum penerimaan siswa baru pada Maret-April, dan sudah bisa dijalankan pada bulan permulaan ajaran baru di sekitar pertengahan Juli. "Bulan Januari ini sudah bisa kita mulai, sudah ada rumusannya," kata dia.

Belum tahu apakah bentuknya berupa sekolah unggulan atau mandiri, mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November ini menegaskan, semangat sekolah berkualitas harus tetap diusung. "Yang penting, tidak ada RSBI atau SBI, semangat untuk meningkatkan kualitas tanpa harus menabrak rambu yang telah ditetapkan oleh MK itu harus dilakukan," kata Nuh.

Nuh yakin putusan MK soal RSBI tak akan mempengaruhi kurikulum 2013. "Ada atau tidak ada hasilnya, harus tetap jalan kurikulum yang baru," kata dia.

Sebelumnya, MK mengabulkan permohonan uji materi atas Pasal 50 ayat 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Dampak dari keputusan itu adalah dihilangkannya RSBI dalam sistem pendidikan di Indonesia. 

Sumber:

TEMPO.CO
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org