Pemerintah Tingkatkan Profesionalitas Guru - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Pemerintah Tingkatkan Profesionalitas Guru

Pemerintah Tingkatkan Profesionalitas Guru

Written By Irfan Dani on Tuesday, November 27, 2012 | 10:35 AM

 

JAKARTA (KRjogja.com) - Memperingari Hari Guru Nasional 2012 dan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), ratusan guru dan sejumlah pelajar SMA/SMK mengikuti upacara bendera di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Upacara yang berlangsung sekira 30 menit itu berjalan khidmat dan lancar.

Dalam amanatnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh selaku pembina upacara mengungkap, pendidikan merupakan sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan, dan kemartabatan suatu bangsa. Guru, lanjutnya, merupakan tonggak utama dalam dunia pendidikan,

"Untuk itu, sangatlah tepat jika guru dijadikan sebagai profesi yang harus mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan profesionalitasnya, mendapatkan perlindungan, dan jaminan kesejahteraan. Alhamdulillah, ketiga hal tersebut berkembang lebih baik," papar M Nuh di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2012).

Nuh menyebut, guru sebagai profesi dengan segala konsekuensinya mampu meningkatkan kualitas pendidikan meskipun belum signifikan. Masih ada ruang yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari aspek peran guru.

"Paling tidak ada empat aspek, yaitu kompetensi guru dalam pemahaman substansi bahan ajar, pedagogi, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial, inilah aspek yang harus diberi perhatian khusus dalam rencana implementasi kurikulum 2013," ungkapnya.

Pada peringatan Hari Guru Nasional yang mengambil tema “Memacu Profesionalisasi Guru Melalui Peningkatan Kompetensi dan Penegakkan Kode Etik” itu M Nuh menambahkan, dalam kurikulum 2013 yang sedang dirampungkan, pendekatan yang digunakan oleh Kemendikbud adalah berbasis sains. Dengan demikian, lanjutnya, siswa terdorong untuk mampu melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan berkomunikasi dengan lebih baik.

"Diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan produktif sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya," imbuh mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) itu.

Berbagai harapan tersebut, tambahnya, bisa dicapai dengan syarat profesionalitas guru telah memenuhi standar kelayakan. Dia menyatakan, upaya yang dilakukan Kemendikbud untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah Uji Kompetensi Guru (UKG), Uji Kompetensi Awal (UKA), Pengukuran Kinerja Guru, dan peningkatan kualitas Lembaga Penyelenggara Pendidikan Keguruan (LPTK).

"Di sisi lain, perlu ditegakkan dan dijunjung tinggi kode etik guru dan prinsip-prinsip profesionalitas sesuai dengan amanat perundang-undangan. Karena itu saya menyambut baik dengan telah disiapkannya kode etik guru. Kita harap, kode etik guru ini bisa benar-benar diimplementasikan karena menjadi penentu kelayakan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya," tutur M Nuh. (Okz/Tom)

Sumber: 
 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org