Rektor Lepas Peserta Program SM-3T FKIP UNTAN - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Rektor Lepas Peserta Program SM-3T FKIP UNTAN

Rektor Lepas Peserta Program SM-3T FKIP UNTAN

Written By Irfan Dani on Wednesday, October 24, 2012 | 5:15 PM


Rektor Universitas Tanjungpura (UNTAN), Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA secara resmi melepas peserta program SM-3T dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Acara pelepasan dilaksanakan pada hari Jum’at (12 Oktober 2012) bertempat di Gedung Rektorat UNTAN Lt. III. Hadir dalam acara tersebut Dekan FKIP, Pembantu Dekan I FKIP, Ketua Jurusan di lingkungan FKIP, Koordinator dan pengurus SM-3T UNTAN serta peserta SM-3T yang merupakan sarjana pendidikan (lulusan UNTAN) berjumlah total 32 orang. Peserta SM-3T ini akan diberangkatkan pada hari Sabtu (13 Oktober 2012) ke berbagai daerah tujuan antara lain NTT dan Kepulauan Sangihe Talaud, Sulawesi.
Program SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah 3T, Terdepan, Terluar, Tertinggal) adalah Program Pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T selama satu tahun sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru. Program ini diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) KEMDIKBUD RI yang bertujuan untuk membantu daerah 3T dalam mengatasi permasalahan pendidikan terutama kekurangan tenaga pendidik, memberikan pengalaman pengabdian kepada sarjana pendidikan sehingga terbentuk sikap profesional, cinta tanah air, bela negara, peduli, empati, terampil memecahkan masalah kependidikan, dan bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa, serta memiliki jiwa ketahanmalangan dalam mengembangkan pendidikan pada daerah-daerah tergolong 3T. Selain itu juga sebagai media untuk menyiapkan calon pendidik yang memiliki jiwa keterpanggilan untuk mengabdikan dirinya sebagai pendidik profesional pada daerah 3T serta mempersiapkan calon pendidik profesional sebelum mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Rektor UNTAN dalam sambutannya berpesan kepada para peserta untuk menyiapkan diri agar siap dan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru yang tentu akan berbeda budaya, adat istiadat serta kondisi alamnya. Lokasi bertugas tersebut nantiya akan menjadi tempat untuk mengaktualisasikan diri, belajar bagaimana bisa mengabdikan diri kepada masyarakat dan tentunya menjadi berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Peserta SM-3T UNTAN hendaknya melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas dan berupaya meninggalkan sesuatu yang terbaik, sehingga masyarakat setempat senang dan terkesan tentang hal-hal yang baik. Program SM-3T ini akan menjadi media belajar mengabdi, menumbuhkan rasa empati, rasa bersaudara dalam satu Negara, satu bangsa. Prof. Thamrin juga mendoakan keselamatan peserta SM-3T UNTAN dalam menjalankan tugas nantinya, diharapkan dapat beradaptasi dengan baik. Beliau juga berpesan agar para peserta dapat mempersiapkan dan melengkapi diri dengan kemampuan survival yang baik. Sebagai penutup, Prof. Thamrin mengucapkan “Selamat Berjuang, Selamat Bertugas, Harumkan Nama UNTAN, Nama Kalbar dan Nama Indonesia”!

Sumber:http://www.untan.ac.id/?p=1457

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org