3.848 Peserta SM-3T Terseleksi secara Online - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » 3.848 Peserta SM-3T Terseleksi secara Online

3.848 Peserta SM-3T Terseleksi secara Online

Written By Irfan Dani on Tuesday, August 7, 2012 | 4:29 PM



SEMARANG – Sebanyak 3.848 calon peserta Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) melakukan ujian seleksi nasional secara online, Kamis (2/8). Salah satu penyelenggara seleksi dari 17 perguruan tinggi itu adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes).
Seperti ujian online, para peserta yang telah lolos seleksi administrasi menggarap soal yang terdiri atas tes potensi akademik, kemampuan dasar, dan ke-prodi-an melalui layar komputer di hadapannya. Setiap tes dikerjakan dalam waktu satu jam.
Adapun server yang dipakai untuk ujian online tersebut berada pada kendali Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) Unnes yang menyediakan bandwith hingga 70 megabites per second (mbps).
Penanggung Jawab Teknologi SM-3T Sugiyanto SPd MSi mengatakan, server itu terhubung di 17 titik lokasi tes SM-3T di seluruh Indonesia. Di antaranya Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Medan, Universitas Syiah Kuala Aceh, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Negeri Jakarta.
”Tes online itu dilaksanakan selama empat hari, Rabu-Sabtu (1-4/8) dan hingga saat ini tidak mengalami kendala apa pun,” ungkapnya di sela ujian di gedung BPTIK Unnes.
Seleksi SM-3T kali ini merupakan tahun kedua yang diselenggarakan Kemdikbud. Pada tahun pertama (2011), peserta yang lolos hanya ditempatkan di empat provinsi, sedangkan tahun kedua ini mereka akan mengabdi selama setahun di delapan provinsi. Yaitu Aceh, Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Maluku, dan Sulawesi Utara. Para peserta yang mengikuti seleksi ini akan disaring menjadi 2.900 orang dan akan disebar di provinsi tersebut.
Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo menyampaikan, tujuan program SM-3T tidak hanya pengabdian pendidikan di kota besar, tapi juga menjangkau daerah pelosok yang tidak terjangkau pendidikan.
”Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang diprakarsai oleh Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Kemdikbud ini merekrut sarjana pendidikan untuk dipersiapkan dan diterjunkan ke wilayah mengajar. Selain mengajar, mereka juga melakukan kegiatan kemasyarakatan,” ungkapnya.
Sementara itu, salah satu peserta seleksi online SM-3T Maulia Rinalta (24) mengaku tergugah untuk mengikuti program itu karena melihat siaran di televisi bahwa daerah pelosok butuh banyak pendidik.
”Semoga saja saya bisa mengabdi di salah satu daerah tersebut untuk berbagi ilmu dengan anak-anak di sana,” tuturnya. (K3-60)

Sumber: Suara Merdeka
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org