UNSYIAH BUKA PENDAFTARAN PROGRAM SM-3T - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » UNSYIAH BUKA PENDAFTARAN PROGRAM SM-3T

UNSYIAH BUKA PENDAFTARAN PROGRAM SM-3T

Written By Irfan Dani on Saturday, July 7, 2012 | 2:35 PM

 

BioShared ; Program SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia ditujukan kepada para Sarjana Pendidikan yang belum bertugas sebagai guru (PNS/GTY), untuk ditugaskan selama satu tahun di daerah 3T. Program SM-3T dimaksudkan untuk membantu mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, dan memiliki sikap peduli terhadap sesama, serta memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Setelah menunaikan tugas di daerah 3T selama satu tahun, mereka berhak mengikuti program PPG di LPTK selama 1 tahun  untuk memperoleh sertifikat pendidik. Jumlah kuota secara nasional untuk tahun 2012 sebanyak 2.700 peserta. Kapupaten yang menjadi sasaran Program SM-3T tahun 2012 untuk Provinsi Aceh adalah (1) Kabupaten Simeulue, (2) Kabupaten Aceh Singkil, (3) Kabupaten Aceh Selatan, (4) Kabupaten Aceh Timur, (5) Kabupaten Aceh Barat, (6) Kabupaten Aceh Besar, (7) Kabupaten Gayo Lues, dan (8) Kabupaten Pidie Jaya. Pelaksanaan Program SM-3T ini dibiayai dengan dana APBN Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti tahun 2012.
Peserta Program SM-3T adalah Sarjana S1 lulusan program studi kependidikan yang pada saat menjadi mahasiswa datanya telah tercatat di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Program studi yang dimaksud adalah: PAUD, PGSD, PKn, Pend. Bahasa Indonesia, Pend. Bahasa Inggris, Pend. Matematika, Pend. Fisika, Pend. Kimia, Pend. Biologi, Pend. IPA, Pend. IPS, Pend. Sejarah, Pend. Geografi, Pend. Seni, Pend. Ekonomi, Bimbingan Konseling, Pend. Jasmani, dan Pend. TIK. Selain itu peserta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
1)      Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
2)      Berusia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012.
3)      Lulusan program studi kependidikan S-1 empat tahun terakhir (2009, 2010, 2011, 2012) dari program studi terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki ijin operasional) yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah disahkan.
4)      IPK minimal 3.0, dibuktikan dengan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan.
5)      Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan Dokter.
6)      Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari pejabat yang berwenang, yang disertai dengan hasil tes urine.
7)      Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian.
8)      Mendapatkan ijin dari orangtua/wali, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.
9)      Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.
10)    Diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan
11)    Memiliki motivasi dan semangat pengabdian yang tinggi
12)    Mampu menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat di daerah sasaran
Bukti persyaratan nomor 1) s.d. nomor 9) dibawa pada saat tes wawancara.

Sistem Rekrutmen
Rekrutmen calon peserta Program SM-3T tahun 2012 dilakukan di tingkat nasional dan LPTK. Seleksi nasional dilakukan secara online dalam bentuk seleksi administrasi dan seleksi akademik. Seleksi akademik nasional meliputi tiga aspek, yaitu tes potensi akademik, tes kemampuan dasar, dan tes penguasaan kompetensi akademik bidang studi/bidang keahlian. Seleksi di tingkat LPTK meliputi verifikasi dokumen dan wawancara. Jumlah prodi yang dibuka dan jumlah peserta yang diterima tergantung dari permintaan kabupaten yang menjadi sasaran program ini. Pendaftaran online (mengisi form, upload ijazah, dan foto) tanggal 8 Juli 2012 pukul  00:00 WIB s.d. 21 Juli 2012 pukul 23:59 WIB melalui laman web:  ksg.dikti.go.id/majubersama atau sm-3t.dikti.go.id. Tes online dilaksanakan  tanggal 1-4 Agustus 2012 di kampus FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di web unsyiah (www.unsyiah.ac.id) dan web FKIP (fkip.unsyiah.ac.id) atau ke Contac Person (1) Dr. Samingan, M.Si. HP 08126908089 (2) Mukhlis Hidayat, S.Pd., M.Si. HP 085260002082



Darussalam, 3 Juli  2012
Dekan FKIP Unsyiah,



Prof. Dr. M. Yusuf Aziz, M.Pd.
NIP 19571231 198403 1011


(http://fkip.unsyiah.ac.id)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org