Segera Dibuka Pendaftaran SM-3T 2012 - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Segera Dibuka Pendaftaran SM-3T 2012

Segera Dibuka Pendaftaran SM-3T 2012

Written By irfandani06 on Monday, June 25, 2012 | 2:48 PM

 
Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemdikbud) akan kembali merekrut calon peserta Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Pendaftaran akan dibuka secara online mulai 8 Juli hingga 21 Juli 2012.
SM-3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang diprakarsai oleh Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal PendidikanTinggi Kemdikbud. Dalam program ini, para sarjana pendidikan direkrut, dipersiapkan, dan diterjunkan di wilayah pengabdian. Selain mengajar, mereka juga melakukan kegiatan kemasyarakatan.
Tahun ini, wilayah pengabdian meliputi sejumlah kabupaten di Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Papua. “Selama mengabdi, setiap bulan mereka akan mendapatkan uang biaya hidup dan asuransi kesehatan. Setelah setahun mengabdi, mereka akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan beasiswa penuh dari pemerintah,” ungkap Abdurrahman , Ketua PPG Unnes.
Dikemukakan oleh Abdurrahman, tahun ini bersama 16 lembaga pendidiksn tenaga kependidikan (LPTK) lainnya Unnes kembali dipercaya untuk merekrut, membekali, menerjunkan peserta SM-3T, dan menyelenggarakan PPG untuk mereka.
“Berbeda dari tahun lalu, tahun ini pendaftaran dilakukan secara online di laman ksg.dikti.go.id/majubersama. Pada saat pendaftaran nanti, peserta cukup mengisis formulir yang disediakan serta mengunggah file ijazah dan foto,” kata Abdurrahman.
Tahapan berikutnya setelah pendaftaran, ungkap Abdurrahman, adalah seleksi administrasi pada 23-25 Juli, pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online (26-27 Juli), tes secara online (1-4 Agustus), pengumuman hasil tes online dan jadwal wawancara (10 Agustus), wawancara (2-6 September), dan pengumuman hasil seleksi pada 15 September 2012.
Persyaratan
Apa saja syarat pendaftar SM-3T? Beberapa syarat antara lain (1) warga negara Indonesia, (2) usia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012, (3) lulusan program studi kependidikan S-1 empat tahun terakhir (2009, 2010, 2011, 2012) dari program studi terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki izin operasional) yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dan (4) IPK minimal 3,0.
Selain itu, (5) berbadan sehat, (6) bebas narkotik,  (7) berkelakuan baik, (8) mendapatkan izin orangtua/wali, (9) belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai. Peserta juga diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan.
Ditulis : Sucipto Hadi Purnomo

Sumber:
http://unnes.ac.id
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org