Kabupaten Landak Kekurangan 3.500 Guru - PPG SM-3T UNP
News Update:
Home » » Kabupaten Landak Kekurangan 3.500 Guru

Kabupaten Landak Kekurangan 3.500 Guru

Written By Irfan Dani on Thursday, August 9, 2012 | 3:00 PM

Kabupaten Landak Kalimantan Barat hingga saat ini masih kekurangan 3.500 guru. Kekurangan itu tersebar di berbagai jenjang, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, hingga pendidikan menengah.
Hal tersebut diungkapkan Bupati Landak Dr Drs Adrianus Asia Sidot, di rektorat Unnes kampus Sekaran, Rabu (8/8). Bupati yang hadir bersama Ketua DPRD Heri Saman dan sejumlah pejabat lainnya itu untuk menandatangani nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Landak dan Unnes.
“Landak merupakan pecahan dari Kabupaten Pontianak. Ketika berpisah dari Pontianak, kami hanya punya 3 SMA negeri, 7 SMP negeri, dan 387 SD negeri yang rata-rata punya 2-3 guru,” kata Bupati.
Meski dari waktu ke waktu pertambahan sekolah terus diupayakan, kekurangan guru masih saja terjadi. “Jujur harus saya katakan, soal sumber daya manusia, kami masih kurang. Karena itu, kami sangat berharap untuk bisa menggandeng Unnes sebagai saudara tua,” kata Adrianus yang juga Ketu Yayasan Landak Bersatu –sebuah yayasan yang menaungi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) itu.
Dikemukakan pula, kini pihaknya sedang menguliahkan 806 pemuda ke Jawa dengan biaya penuh dari Pemerintah Kabupaten. “Harapannya, mereka kembali lagi untuk membangun daerahnya, sehingga tidak akan ada lagi ‘jeruk makan jeruk’, lulusan SMP mengajar anak SMP,” katanya.
Kepada Bupati dan rombongannya, Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo menyarankan agar mengajukan permintaan kepada Direktorat Pendidikan Tinggi agar Landak menjadi wilayah pengabdian Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terdepan, dan Tertinggal (SM-3T). “Di berbagai daerah, kehadirannya sangat dirasakan manfaatnya. Tidak hanya untuk jangka pendek mengatasi kekurangan guru, tetapi juga untuk merekatkan NKRI,” ungkap Rektor.

Sumber: http://unnes.ac.id
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


New Creation Live Radio
by. Infokom PPG SM-3T UNP



Radio Streaming PPG SM-3T UNP




 
Redaksi : Tentang Kami | Iklan | Ketentuan | Address: Kampus II UNP, Lubuk Buaya, Padang | 25173 | Sumatera Barat | Phone: 085263220740 | Email: mail@sm3t-unp.org